Peningkatan Trafik Data di Gunungkidul Paling Tinggi se-DIY

Lokasi wisata pengaruhi trafik selama libur Lebaran

Intinya Sih...

  • PT XL Axiata Tbk mencatat peningkatan trafik data selama libur Lebaran di Jawa Tengah dan DIY, dengan Gunungkidul masuk 10 besar kabupaten/kota dengan peningkatan trafik paling tinggi.
  • Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, memiliki kenaikan trafik sebesar 68 persen, sementara Kabupaten Gunungkidul, DIY naik sebesar 45 persen. Rata-rata kenaikan trafik layanan data di seluruh Jateng dan DIY sebesar 29 persen dibandingkan hari biasa.
  • Streaming video melalui media sosial cukup tinggi, menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Layanan streaming mencapai 59 persen dari total trafik

Yogyakarta, IDN Times - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024–14 April 2024 di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gunungkidul masuk 10 besar kabupaten/kota di Jateng dan DIY, dengan peningkatan trafik paling tinggi.

Untuk wilayah Jateng dan DIY kenaikan tertinggi pada momen Lebaran di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, naik sebesar 68 persen. Sementara itu Kabupaten Gunungkidul, DIY naik sebesar 45 persen, berada di urutan ke sembilan di Jateng dan DIY, dan tertinggi se-DIY.

1. Kenaikan trafik layanan data di Jateng DIY

Peningkatan Trafik Data di Gunungkidul Paling Tinggi se-DIYPT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat, trafik penggunaan data selama libur Lebaran 2024 meningkat. (Dok. XL Axiata).

Diketahui secara rata-rata kenaikan trafik layanan data di seluruh Jateng dan DIY sebesar 29 persen dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem. 

"Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis," ujar Gede, Senin (22/4/2024).

2. Trafik di kawasan wisata naik signifikan

Peningkatan Trafik Data di Gunungkidul Paling Tinggi se-DIYPantai Slili Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Tengah dan DIY ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. "Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan," kata Arif.

Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jawa Tengah dan DIY juga mengalami kenaikan trafik antara 32 persen hingga 334 persen seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 12 persen hingga 64 persen. "Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 167 persen," ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Kue Sagon Oleh-oleh Khas Yogyakarta, Gurih dan Nikmat

3. Masyarakat semakin maksimalkan sarana digital

Peningkatan Trafik Data di Gunungkidul Paling Tinggi se-DIYilustrasi media sosial (pexels.com/Tracy Le Blanc)

Pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen. 

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 perse . Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25 perss dan Meta (Facebook) 15 persen. Sementara itu web browsing naik 20 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154 persen dibanding hari normal.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Tinggi, Ini Imbauan KAI Daop 6 Yogyakarta

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya