Pemudik yang Cuma Lewati Jogja Diimbau Pakai Jalur Alternatif

Upaya kurangi kepadatan

Intinya Sih...

  • Dishub DIY himbau pemudik lewati Jogja gunakan jalur alternatif untuk kurangi kepadatan lalu lintas.
  • Pemudik dari arah timur bisa lewat Jalur Jalan Lintas Selatan, sementara dari arah barat bisa melewati Glagah.
  • Kementerian Perhubungan memprediksi sekitar 11,7 juta pemudik akan masuk DIY berdasarkan hasil survei.

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) menghimbau para pemudik yang hanya melewati Jogja untuk menggunakan jalur alternatif. Hal tersebut untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub DIY, Sumariyoto, menyebut perkiraan pemudik yang akan masuk di DIY sekitar 6 juta. Untuk mengantisipasi kepadatan ia menghimbau masyarakat yang hanya melintasi DIY untuk bisa menggunakan jalur alternatif.

1. Pemudik yang hanya melintasi Jogja dihimbau gunakan jalur alternatif

Pemudik yang Cuma Lewati Jogja Diimbau Pakai Jalur AlternatifTugu Yogyakarta (jauzax/Unsplash)

Sumariyoto mengatakan pihaknya hanya bisa memberikan arahan atau himbauan. "Upaya yang kami lakukan tetap mengarahkan yang tidak masuk Jogja, bisa melalui jalur alternatif yang direkomendasikan," ungkap Sumariyoto, Rabu (20/3/2024).

Sumariyoto mencontohkan untuk pemudik dari arah timur bisa melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Kemudian pemudik dari arah barat, bisa melewati Glagah. "Jadi upaya kita itu. Kita gak mungkin ngelarang orang gak boleh masuk," kata dia.

2. Pemudik diimbau gunakan jalur alternatif yang direkomendasikan

Pemudik yang Cuma Lewati Jogja Diimbau Pakai Jalur AlternatifTol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Saat disinggung dimanfaatkannya tol Jogja-Solo secara fungsional, menurut Sumariyoto yang menjadi tantangan nantinya di Klaten, Jawa Tengah, atau exit tol. Berdasar pengalaman sebelumnya, menurut dia, para pemudik akan menggunakan jalur alternatif.

"Biasnaya penyebarannya mereka cari alternatif. Ya yang saya khawatirkan justru dia (pemudik) memilih jalur alternatif yang kurang familier, kalau yang terjadi beberapa waktu lalu dia milih Klaten arah Maniserenggo, kemudian keluarnya di Cangkringan, Ini saya juga khawatir biasanya di situ lalu lintasnya galian C," kata dia.

Baca Juga: 6,5 Juta Orang Diperkirakan Mudik Lebaran ke Jogja

3. Hitungan Kemenhub jumlah pemudik lebih besar

Pemudik yang Cuma Lewati Jogja Diimbau Pakai Jalur AlternatifIlustrasi mudik jalur darat (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Diketahui jika Dishub DIY memperkirakan jumlah pemudik sekitar 6 juta pemudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah yang lebih besar. Berdasar hasil survei Kemenhub yang masuk DIY sekitar 11,7 juta.

"Yang dilakukan Kemenhub memperhatikan beberapa faktor, kemudian hasil survei, itu yang masuk Jogja sekitar 11,7 juta," ungkap Sumariyoto.

Baca Juga: Angkutan Motor Gratis KAI Daop 6 Ada Lagi, Simak Syaratnya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya