Pemuda Pancasila DIY Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Perbedaan arah dukungan tidak menjadi masalah

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta (MPW PP DIY), Faried Jayen Soepardjan, angkat bicara soal sikap keluarga besar PP DIY dalam Pilpres 2024. Pemuda Pancasila DIY memutuskan untuk memberikan dukungan pada paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Pemuda Pancasila DIY telah melakukan rapat pleno yang dihadiri oleh pengurus MPW, MPC hingga PAC. Dari MPC dan PAC ini melaporkan suara akar rumput Pemuda Pancasila di DIY 99 persen mendukung pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024," kata Faried Jayen, Senin (18/12/2023) malam.

1. Dukungan untuk Prabowo-Gibran

Pemuda Pancasila DIY Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024Calon Presiden RI, Prabowo Subianto, dan Calon Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/TKN Prabowo-Gibran)

Faried Jayen merinci dari rapat pleno yang digelar ini kemudian diputuskan jika keluarga besar Pemuda Pancasila DIY menjatuhkan dukungan kepasangan Prabowo-Gibran. Meski demikian, Faried Jayen menegaskan jika keputusan itu tidak akan melahirkan instruksi khusus bagi anggota Pemuda Pancasila DIY untuk harus memilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Dukungan ini hanya menampung sikap politik dari akar rumput Pemuda Pancasila di DIY. Dari hasil rapat pleno ini, kami memutuskan jika keluarga besar Pemuda Pancasila DIY mendukung Prabowo-Gibran," urai Faried Jayen.

Faried Jayen mengungkapkan putusan ini bukan sebuah instruksi atau perintah. "Tetapi kami hanya menampung suara-suara akar rumput anggota Pemuda Pancasila DIY dan kami sangat menghargai pilihan politik para anggota Pemuda Pancasila DIY," sambung Faried Jayen.

2. Perbedaan pilihan tidak menjadi masalah

Pemuda Pancasila DIY Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024Pemuda Pancasila DIY. (Dok. Istimewa)

Terkait pilihan Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno, yang menjadi bagian dari tim pemenangan pasangan nomor urut 1 yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Faried Jayen mengatakan baginya tidak ada masalah. Hingga saat ini, sambung Faried Jayen, MPN Pemuda Pancasila memang tidak mengeluarkan instruksi khusus untuk memilih salah satu pasangan calon di Pilpres 2024.

Faried Jayen menjelaskan ada pula Wakil Ketua Umum MPN Pemuda Pancasila yaitu Arsjad Rasjid yang menjadi Ketua Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Hingga saat ini belum ada instruksi dari MPN Pemuda Pancasila terkait Pilpres 2024 harus memilih pasangan calon yang mana. Selama belum ada instruksi, kami akan menentukan pilihan di Pilpres 2024 berdasarkan dari suara akar rumput dari kader dan anggota Pemuda Pancasila DIY," ungkap Faried Jayen.

Meski berbeda-beda dukungan namun ia yakin Pemuda Pancasila tetap solid secara nasional. "Pemuda Pancasila itu bukan ormas politik tetapi kami organisasi kemasyarakatan berbasis massa. Pancasila Abadi," kata Faried Jayen.

Baca Juga: Hasil Survei Ganjar Tak Ada di Puncak, Ganjar: Kita Juga Punya Survei

3. Rapat pleno juga putuskan dukungan untuk kadernya ke DPR RI

Pemuda Pancasila DIY Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024Pemuda Pancasila DIY. (Dok. Istimewa)

Faried Jayen juga membeberkan bahwa dalam rapat pleno itu juga diputuskan Pemuda Pancasila DIY juga mendukung 100 persen satu-satunya kadernya yaitu Yuni Astuti yang maju sebagai DPR RI dari Partai Gerindra untuk Dapil DIY.

"99 persen anggota Pemuda Pancasila DIY memilih Prabowo-Gibran dan 100 persen, serta full power anggota Pemuda Pancasila DIY siap untuk mendukung, memilih dan memenangkan kader terbaik Pemuda Pancasila DIY, Yuni Astuti yang maju sebagai caleg DPR RI Gerindra nomor urut 2," ungkap Faried Jayen.

Baca Juga: Ini Paslon Pilpres Paling Boros dan Teririt Belanja Iklan di Medsos

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya