Pemuda di Jogja Deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045

Peran pemuda penting dalam pengambilan kebijakan

Sleman, IDN Times - Momen Hari Sumpah Pemuda dimanfaatkan berbagai komunitas pemuda, mahasiswa hingga pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengambil langkah mewujudkan Indonesia Emas 2045. Untuk menuju Indonesia Emas 2045 tersebut, para pemuda yang diinisiasi YLabs Institute menggelar deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045, di Bento Kopi, Sabtu (28/10/2023).

Founder YLabs Institute, Nindi Kusuma mengungkapkan menjelang tahun politik juga, para pemuda juga harus ambil bagian dan berperan aktif. Menurutnya pemuda saat ini banyak yang apatis atau tidak peduli dengan politik di Indonesia. Padahal, keterlibatan mereka sangat penting. Agar pemuda lebih peduli pada kondisi politik bangsa ini, perlu ditemukan gagasan dari kelompok pemuda. Suara anak muda ini dinilainya juga perlu ditangkap. 

1. Lima poin penting untuk Indonesia Emas 2045

Pemuda di Jogja Deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045Founder YLabs Institute, Nindi Kusuma. (Dok. Istimewa)

Nindi mengatakan ada lima poin penting yang harus diketahui oleh para pemuda, dalam gagasan Indonesia Emas 2045. Lima poin tersebut pendapatan setara dengan negara maju, kemiskinan 0 persen, ketimpangan berkurang, pengaruh Indonesia di dunia internasional meningkat yang ditandai dengan global power indeks, SDM maju dan gas rumah kaca mencapai zero emisi.

"Pemuda harus tahu konteks itu (lima poin), sehingga program kerja ke depan untuk pemuda gerakannya seperti apa, supaya didukung pemerintah harus relevan dengan lima hal tadi," katanya.

2. Deklarasi suara pemuda untuk dukung Indonesia Emas

Pemuda di Jogja Deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045ilustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Deklarasi Suara Pemuda kali ini juga menjadi jalan untuk mendukung suara-suara pemuda, agar semakin peduli. Pemuda ikut serta mewujudkan Indonesia Emas 2045. Saat masa bonus demografi mendatang, jumlah pemuda sebanyak 63 juta orang, keterlibatan mereka sebagai penentu arah kebijakan menjadi penting.

"Kalau kita berharap kualitas kebijakan kita tepat sasaran dan juga sesuai dengan harapan semua orang, terutama pemuda, kita harus memastikan pemuda terakomodir suaranya. Selain bertumpu pada FGD dan rapat, juga mekanisme lain, yaitu bisa lewat gathering dan platform open-innovation.id," ujar Nindi.

Baca Juga: Content Creator Muda Berlomba Promosikan Keraton Ratu Boko

3. Perkembangan dunia digital dukung pencarian solusi berbagai masalah

Pemuda di Jogja Deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045Deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045, Sabtu (28/10/2023). (Dok. Istimewa)

Nindi menjelaskan open-innovation.id merupakan aplikasi ilmu manajemen strategis, dalam platform ini pemetaan masalah sekaligus penemuan solusi terintegrasi. Pihaknya memberikan kesempatan kepada semua pemuda mengeksplorasi masalah yang ada di wilayah atau yang menjadi keresahannya untuk kemudian didiskusikan secara bersama oleh orang yang tepat untuk mendapat jalan keluar atau solusi.

"Lewat platform ini, misal kalau ada 1.000 masalah, kita juga mungkin punya 1.000 orang atau satu juta mikir masalah itu, dan solusinya sepertinya apa. Kita kumpulkan di sana (masalah apa) dan kumpulkan juga para pemikirnya. Jadi temuin masalah dan juga pemecah masalahnya atau solusinya," jelas Nindi.

Dalam talkshow kali ini sendiri, bertajuk Ngopi Bareng Ngobrolin Indonesia dan Pembukaan Suara Pemuda Untuk Indonesia Emas 2045, Spesial Hari Sumpah Pemuda ke-95. Talkshow seru 5 isu kepemudaan Indonesia menghadirkan Reza Aulia Akbar (Founder and CEO Science Hunter Indonesia, Dosen Teknik Industri ITS), Muzakir Haitami (Policy Making Young Expert, Universitas Gadjah Mada) serta dipandu oleh 2 Standup Comedian Felixius Juang Seda dan Pandu Rizky Yazidan.

Baca Juga: 100 Muslim Muda Dilatih Menjadi Pemimpin Islam Berkeadilan dan Toleran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya