Pemkot Yogyakarta Ubah Pinggiran Sungai Code Jadi Taman

Taman Perwira Lembah Code jadi tempat olahraga dan dagang

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengubah wajah pinggiran sungai yang kerap dinilai kumuh menjadi tertata. Hal tersebut diwujudkan dengan diresmikannya Taman Perwira Lembah Code.

Menurut Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, citra perkampungan pinggiran sungai yang biasanya kotor, kumuh serta tidak terawat, dimanfaatkan menjadi taman atau Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP). 

"Ini kawasan yang bagus dan punya daya tarik luar biasa karena biasanya kan citra dari kawasan pinggir sungai itu kotor dan tidak tertata, tapi ini sudah disulap menjadi Taman Perwira sebagai ruang publik yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas," ujar Singgih, Minggu (17/3/2024).

1. Wadahi berbagai aktivitas untuk menunjang perekonomian

Pemkot Yogyakarta Ubah Pinggiran Sungai Code Jadi TamanPasar ramadan di Taman Perwira Lembah Code. (Dok. Istimewa)

Selain pemanfaatan RTH, Taman Perwira digunakan sebagao joging, bersepeda dan aktivitas olahraga lainnya serta kegiatan perekonomian warga, yaitu Pasar Sore Ramadan.

"Yang penting jaga lingkungan dan kebersihan sungai. Ke depan kami berharap kelurahan bisa menggerakkan ekosistem dengan narasi yang menampilkan potensi apa saja yang dimiliki. Sehingga bisa menjadi satu destinasi yang bisa dikunjungi wisatawan," katanya. 

2. Representasi wajah Kota Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta Ubah Pinggiran Sungai Code Jadi TamanTaman Perwira Lembah Code. (Dok. Istimewa)

Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan, Cahya Wijayanta menyatakan, pembuatan Taman Perwira sebuah rangkaian panjang, yang menjadi bagian dari penataan kawasan pinggiran sungai untuk merepresentasikan wajah Kota Yogya karta yang cantik dan menarik. 

"Kehadiran taman disambut dengan sangat antusias oleh warga, karena ini menjadi ikon pengungkit kesejahteraan, sehingga kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di sekitar dapat berjalan optimal dengan menggandeng komunitas hobi untuk menghadirkan kegiatan edukatif dan rekreatif bagi warga," terangnya.

Baca Juga: Di Balik Gairah Kafe, Sampah Plastik Membeludak di Yogyakarta

3. Warga berharap makin banyak kegiatan

Pemkot Yogyakarta Ubah Pinggiran Sungai Code Jadi TamanPasar ramadan di Taman Perwira Lembah Code. (Dok. Istimewa)

Salah seorang warga Kelurahan Prawirodirjan yang menjadi pedagang makanan di Taman Perwira, Fitri menyambut baik penataan Lembah Sungai Code. Ia berharap makin banyak acara di lokasi tersebut.

"Pastinya merasa senang karena anak-anak bisa main di taman, sekaligus untuk kegiatan perekonomian warga sekitar. Semoga semakin banyak event rutin yang diadakan, jadi bisa menambah peluang untuk mendatangkan rezeki juga," ungkapnya.

Baca Juga: KAI Tebar Promo Ramadan, Simak Daftar Keberangkatan dari Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya