Pemkot Yogyakarta Hadirkan Liburan di Perpus Kota 2024

Pelajar SD dan SMP bisa ikutan, gratis!

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Yogyakarta membuka program Liburan di Perpus Kota, Kreasi Literasi Anak untuk pelajar SD dan SMP secara gratis pada 3-4 Juli 2024.
  • Program ini bertujuan untuk mendekatkan perpustakaan pada anak-anak, meningkatkan literasi, dan membuat belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan.
  • Kegiatan ini terdiri dari berbagai kreasi seperti gesek godong, batik abstrak, kipas deco, dan melukis cangkir enamel dengan kuota peserta sebanyak 70 orang.

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) memberikan kesempatan bagi pelajar SD hingga SMP untuk menikmati program kegiatan Liburan di Perpus Kota, Kreasi Literasi Anak. Program rekreatif sekaligus edukatif ini dilangsungkan pada masa libur sekolah selama 2 hari, pada 3–4 Juli 2024 mendatang secara gratis.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan secara rutin pada setiap momen liburan sekolah pihaknya menawarkan program rekreatif yang juga edukatif di Perpustakaan Kota maupun Pevita bagi pelajar secara gratis.

1. Program kegiatan belajar sambil berkreasi

Pemkot Yogyakarta Hadirkan Liburan di Perpus Kota 2024ilustrasi perpustakaan (unsplash.com/Eliabe Costa)

Nunun menyebut, selain melalui program Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (SASKIA), ada juga Liburan di Perpus Kota yang menawarkan program kegiatan belajar sambil berkreasi bagi anak-anak ataupun pelajar di Kota Yogya. Menurutnya selain sebagai media rekreatif dan peningkatan literasi, kegiatan liburan di perpustakaan juga bertujuan untuk mendekatkan perpustakaan pada anak-anak. Sehingga anak-anak bisa merasa kalau belajar itu merupakan kegiatan yang menyenangkan.

“Ini menjadi salah satu tugas kami bagaimana agar anak-anak, pelajar di Kota Yogya familiar dengan perpustakaan. Punya pengalaman yang menarik ketika belajar, membaca serta berkegiatan di perpustakaan. Untuk itu program Liburan di Perpus Kota hadir, ini juga merupakan cara untuk meningkatkan penggunaan layanan perpustakaan yang bermuara pada peningkatan budaya kegemaran membaca,” ucapnya.

2. Diharap beri pengalaman berkesan bagi anak-anak

Pemkot Yogyakarta Hadirkan Liburan di Perpus Kota 2024ilustrasi perpustakaan (unsplash.com/Trnava university)

Pihaknya berharap melalui kegiatan Liburan di Perpus Kota dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi anak-anak juga pelajar di Kota Yogyakarta. Di mana masa liburan sekolah selain diisi dengan kegiatan rekreatif juga bisa dilakukan dengan kegiatan yang edukatif, sehingga momen liburan sekolah menjadi lebih produktif dan berkualitas.

Liburan di Perpus Kota dengan tema 'Bermain Seru di Wahana Literasi Perpustakaan Kota Yogyakarta' dapat diikuti pelajar kelas 4 hingga 6 SD/MI serta kelas 7 hingga 8 SMP/MTS dengan kuota 70 peserta untuk 4 kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari pada Rabu dan Kamis 3-4 Juli 2024 di area terbuka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Jalan Letjend Soeprapto Nomor 33 Ngampilan.

Baca Juga: 5 Perpustakaan di Jogja, Nyaman dan Nambah Wawasan

3. Ragam kegiatan dan pendaftaran

Pemkot Yogyakarta Hadirkan Liburan di Perpus Kota 2024Program liburan di perpus kota. (Dok. Istimewa)

Ragam kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari Kreasi Gesek Godong di Tas Kecil, Kreasi Batik Abstrak di Sapu Tangan. Selain itu ada, Kreasi Kipas Deco, dan Melukis Cangkir Enamel, yang juga bekerja sama dengan Komunitas Omah Kreatif Loedji 16 sebagai instruktur kegiatan. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada laman bit.ly/liburpuskot2024 atau nomor whatsapp 0812 2721 7877 (Murhayati).

Baca Juga: Cari Bibit Unggul, Mantan Atlet Voli Gelar Kejurnas U-17 di Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya