Pemkot Kembangkan Putri Kota, Mempermudah informasi Wisata di Jogja

Industri wisata di Kota Yogyakarta mencapai ribuan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menghadirkan inovasi Pusat Data Industri Pariwisata Jogja atau PUTRI JOGJA, untuk memberikan kemudahan mengakses informasi lengkap seputar destinasi wisata, hotel, restoran hingga toko oleh-oleh bagi wisatawan.

“Kehadiran PUTRI JOGJA pemanfaatannya bisa dilihat dalam dua sisi, yaitu untuk masyarakat luas yang berkepentingan terhadap data industri pariwisata seperti wisatawan, mahasiswa, akademisi, komunitas dan lainnya. Kemudian bagi investor dan calon investor, serta intervensi program kegiatan pariwisata terhadap usaha pariwisata,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, Kamis (1/8/2024)

1. Industri pariwisata mendulang hingga 40 persen pendapatan daerah

Pemkot Kembangkan Putri Kota, Mempermudah informasi Wisata di JogjaTugu Yogyakarta (Unsplash.com/jauzax)

Wahyu menyampaikan industri pariwisata menjadi sektor yang mampu mendukung hingga 40 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Yogyakarta. Dengan total kunjungan wisatawan pada tahun 2023 sebesar 7.589.582 orang, dan lama tinggal wisatawa hingga 1,8 hari.

“Fasilitas pendukung pariwisata di Kota Yogyakarta bisa dikatakan paling lengkap, keberadaannya 80 persen berlokasi di pusat kota dan sudah memenuhi standard usaha pariwisata. Sebagai kota pariwisata yang berbudaya, tentu industri pariwisata harus kita dorong untuk terus bertumbuh dalam menggerakkan lokomotif perekonomian masyarakat Kota Yogyakarta,” terangnya.

2. Industri wisata di Kota Yogyakarta mencapai ribuan

Pemkot Kembangkan Putri Kota, Mempermudah informasi Wisata di JogjaIlustrasi hotel. Unsplash

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dispar Kota Yogyakarta, Caesaria Eka Yulianti mengatakan, tercatat keberadaan industri pariwisata di Kota Yogya mencapai 1.611 usaha pariwisata. Pihaknya menjelaskan dari total usaha pariwisata yang ada di Kota Yogyakarta, jumlah terbesar adalah usaha jasa akomodasi dan kuliner. Dimana terdapat 676 hotel dan 655 restoran, sementara sisanya merupakan jenis usaha pariwisata lain seperti hiburan, salon dan lain-lain.

“Dengan adanya PUTRI JOGJA tentu harapannya masyarakat luas dapat dengan mudah mengetahui informasi lengkap dan terbaru seputar usaha pariwisata di Kota Yogya, begitu juga bagi para pelaku usaha pariwisata,” jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Event Jogja Agustus 2024, Banyak Acara Lari dan Konser

3. Pengembangan akan terus dilakukan

Pemkot Kembangkan Putri Kota, Mempermudah informasi Wisata di JogjaSuasana Jalan Malioboro (unsplash.com/Farhan Abas)

Sementara perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Yogyakarta, Fandy Lucky menyatakan, pengembangan PUTRI JOGJA baik dari sisi konten maupun teknologinya akan terus dilakukan.

“Ketika ini berbasis web maka sebetulnya akan lebih mudah diakses tanpa harus mengunduh aplikasi, sehingga harapan kami pengembangan dari tampilan dan kelengkapan informasi usaha pariwisata harus terus up to date,” ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN Yogyakarta Hilang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya