Pemkot Jogja Dukung Swasta Perluas Akses Jaringan Internet

Perluasan dari jaringan di rumah hingga ruang publik

Yogyakarta, IDN Times - Jaringan internet saat ini menjadi satu bagian yang penting bagi masyarakat. Tidak hanya jaringan internet di rumah-rumah maupun tempat kerja, jaringan internet di ruang publik menjadi bagian yang tak kalah penting.

Kota Yogyakarta yang tumbuh sebagai kota pariwisata dan banyaknya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), jaringan internet jadi bagian yang penting. Kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta pun dibuka untuk memberikan akses internet lebih luas.

1. Ribuan titik wifi di ruang publik

Pemkot Jogja Dukung Swasta Perluas Akses Jaringan Internetilustrasi pengguna WIFI (istockphoto.com)

Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Persandian Telekomunikasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan), Slamet Rustadi Winata, mengatakan di Kota Jogja saat ini sudah tidak ada blank spot. Bahkan untuk wifi publik saat ini sudah terpasang sekitar 1.060 titik.

Penambahan wifi di ruang-ruang publik pun masih dimungkinkan. Dijelaskannya pada awalnya ditarget 1 RW di Kota Jogja setidaknya terpasang 1 wifi publik.

"RW di Kota Jogja 600, berarti sudah ada yang 2, di 1 RW. Bisa lagi berkembang, tetapi jika masyarakat sendiri ya harus langganan sendiri," ujar Winata, di sela peresmian Kantor MyRepublic, di XT Square, Kamis (9/11/2023).

2. Buka peluang pihak swasta memperluas jaringan

Pemkot Jogja Dukung Swasta Perluas Akses Jaringan InternetPeresmian kantor MyRepublic di Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Winata juga menyebut Pemkot Jogja membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung perluasan jaringan internet. Terpenting investasi yang dilakukan sesuai dengan aturan yang ada.

"Yang penting ada aturan dipatuhi. Kota Jogja sebagai kota wisata, tidak ingin juga hilang estetikanya, (kabel) jaringan jangan sampai semrawut. Padahal kota Jogja pendapatan dari wisata, hotel, restoran, harapan ikuti aturan," ujarnya.

Baca Juga: KAI Buka Lowongan Kerja di Job Fair UGM, Jangan Terlewat!

3. Ekspansi di Kota Jogja dan sekitarnya

Pemkot Jogja Dukung Swasta Perluas Akses Jaringan InternetChief Sales and Marketing Officer MyRepublic, Iman Syahrizal. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Chief Sales and Marketing Officer MyRepublic, Iman Syahrizal, mengungkapkan hadirnya MyRepublic di Kota Jogja tidak lepas karena melihat literasi digital yang tinggi di Jogja, serta kreativitas warganya. Diharapkan hadirnya MyRepublic di Jogja bisa menunjang kreativitas masyarakat.

Tidak hanya berfokus di Kota Jogja, ekspansi juga dilakukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara umum, seperti berfokus di Sleman dan Bantul.

"Segmen kami mulai dari perumahan, UMKM, hingga bisnis besar seperti pabrik, hotel," ujarnya.

Baca Juga: Pick-up Point IKEA Pertama di Yogyakarta Hadir di Barsa City

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya