Pemkab Sleman Dorong Kemitraan UMKM dan Usaha Besar

Diharap bantu UMKM naik kelas

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mendukung kerja sama kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sleman. Kemitraan dengan pelaku usaha besar dinilai bisa membantu UMKM naik kelas.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik acara Temu Kemitraan dan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama Kemitraan antara Pelaku Usaha Besar dan UMKM yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sleman di The Alana Hotel & Convention Center, Senin (20/11/2023). Temu Kemitraan ini turut dihadiri 11 Pelaku Usaha Besar dari berbagai sektor usaha yang menjalin kemitraan usaha dengan 63 UMKM di Kabupaten Sleman.

1. Didorong muncul kerja sama kemitraan

Pemkab Sleman Dorong Kemitraan UMKM dan Usaha BesarIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam sambutannya, Kustini mengatakan melalui temu kemitraan nantinya dapat terwujud kerja sama kemitraan usaha baik langsung maupun tidak langsung dengan dasar saling memerlukan, mempercayai, memperkuat serta menguntungkan. Kesemuanya itu melibatkan pelaku UMKM, terutama di tempat usaha besar untuk berinvestasi.

“Temu kemitraan ini menjadi komitmen Pemkab Sleman untuk mendorong pelaku UMKM dapat naik kelas melalui kemitraan dengan pelaku usaha besar agar masuk dalam rantai global serta meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif,” kata Kustini.

2. Ciptakan iklim investasi yang kondusif dan berkelanjutan

Pemkab Sleman Dorong Kemitraan UMKM dan Usaha BesarIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Kustini berharap kerja sama ini dapat berkelanjutan dan menjadi awal yang baik dalam membentuk sinergi antara UMKM dan mitra bisnis. Serta berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian daerah bahkan memajukan daerah sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala DPMPTSP Sleman, Retno Susiati, menyatakan tujuan acara ini untuk mendorong dan memfasilitasi kolaborasi antara UMKM dengan pelaku usaha besar, guna menciptakan iklim investasi kondusif dan berkelanjutan. Selain itu, juga sebagai upaya meningkatkan produktivitas, pemerataan kesempatan dan kontribusi UMKM dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Sleman.

“Kemitraan merupakan wujud perhatian dan tanggung jawab usaha besar dalam pemberdayaan UMKM untuk maju bersama dalam mengembangkan usaha,” jelasnya.

Baca Juga: Sleman Jadi Pilot Project Melahirkan Wirausahawan Muda

3. Bupati beri apresiasi 11 pelaku usaha besar

Pemkab Sleman Dorong Kemitraan UMKM dan Usaha BesarIlustrasi Pengusaha/Wirausahawan (IDN Times/Aditya Pratama)

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman juga memberikan piagam penghargaan kepada 11 pelaku usaha besar. Kustini juga memberikan plakat kepada 4 pelaku usaha besar yang telah 4 tahun berturut-turut bermitra dengan pelaku UMKM di Kabupaten Sleman.

Acara temu kemitraan ini juga dilakukan sosialisasi serta paparan dengan materi terkait Pengembangan Usaha melalui Pola Kemitraan Usaha dari Dinkop UKM Sleman, Peran Digital Marketing dalam Pengembangan UMKM dari Disperindag Sleman dan Best Practice Kemitraan Usaha dari Suwati by Mill & Bay.

Baca Juga: Unik, Sosialisasi Pemilu lewat Karnaval Gerobak Sapi di Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya