Pelaku UMKM di Jogja Diajari Berjualan di E-Commerce, Ini Alasannya

75 persen UMKM gunakan platform media sosial

Yogyakarta, IDN Times - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diajari untuk memasarkan produknya lewat platform digital salah satunya.

Kepala Bidang Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinkop UKM DIY), Tatik Ratnawati, menilai sangat penting saat ini UMKM bisa go digital. Pada era saat ini pelaku UMKM tidak bisa hanya mengandalkan penjualan secara offline. "Dengan online jaringannya akan lebih luas, pasarnya lebih kemana-mana," ujar Tatik.

1. Banyak UMKM manfaatkan platform digital

Pelaku UMKM di Jogja Diajari Berjualan di E-Commerce, Ini AlasannyaKepala Bidang Usaha Mikro, Dinkop UKM DIY, Tatik Ratnawati.. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Tatik, saat ini banyak pelaku UMKM yang juga telah memanfaatkan platform digital. Dari 340 ribu UMKM sudah ada sekitar 75 persen yang menggunakan platform media sosial.
Dengan kondisi itu, kata Tatik, Dinkop UKM DIY terus mendorong UMKM di DIY naik kelas. Upaya tersebut juga dilakukan dengan sinergi bersama lintas stakeholder.

 

2. Pelaku UMKM diberi kegiatan upgrade skill

Pelaku UMKM di Jogja Diajari Berjualan di E-Commerce, Ini AlasannyaIlustrasi UMKM. (IDN Times/Imam Faishal)

Tatik menjelaskan salah satu upaya mendukung UMKM di DIY tersebut melalui kegiatan Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok, di Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) Yogyakarta, Rabu (6/3/2024)

“Melalui kegiatan ini UMKM diberikan materi Optimalisasi Performa E-Commerce untuk Bisnis, lalu cara memperluas penjualan lewat TikTok, dan Cara Cerdas mengatur Cashflow by Bank Jago,” katanya.

Baca Juga: 6 Promo Iftar Ramadan 2024 Hotel Bintang 4 Jogja, Mulai Rp130 Ribuan

3. Potensi ekonomi akan meningkat

Pelaku UMKM di Jogja Diajari Berjualan di E-Commerce, Ini AlasannyaIlustrasi UMKM (IDN Times/Imam Faishal)

Tatik menambahkan pihaknya berterima kasih kepada pihak-pihak yang membantu untuk peningkatan skill UMKM agar bisa memperluas pemasarannya.

"Dengan adanya kegiatan ini kami dari Dinas Koperasi dan UKM, Pemda DIY terima kasih. Dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan potensi ekonomi bapak ibu (pelaku UMKM). Pastinya semakin merambah ke DIY, Indonesia secara keseluruhan, maupun pasar ekspor," kata Tatik Ratnawati.

 

Baca Juga: 9 Agenda Wisata Jogja Maret 2024, Catat Tanggal dan Tempatnya!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya