Siap-Siap, Pasar Kangen Yogyakarta Hadir Lagi Mulai 27 Juli 2023

Hadirkan kuliner hingga jajanan tempo dulu

Yogyakarta, IDN Times - Pasar Kangen Yogyakarta akan kembali hadir di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), pada 27 Juli–5 Agustus 2023. Usung tema 'Gandeng-Gendong' ratusan stan yang terdiri dari stan kuliner hingga penjual barang lawasan akan memeriahkan Pasar Kangen Yogyakarta.

Pendiri Pasar Kangen Yogyakarta, Ong Hari Wahyu menyebut animo pelaku usaha sangat tinggi untuk ikut Pasar Kangen Yogyakarta, total ada 1.800 pendaftar. "Yang masuk dalam kurasi atau peserta Pasar Kangen Yogyakarta tahun ini berjumlah 170 peserta, terdiri 85 peserta kuliner, 85 peserta penjual barang-barang lawasan, kerajinan dan komunitas seni yang akan menampilkan aktivitas workshop keseniannya," ujar Ong, di TBY, Rabu (26/7/2023).

1. Berbagai jajanan khas yang unik dihadirkan

Siap-Siap, Pasar Kangen Yogyakarta Hadir Lagi Mulai 27 Juli 2023Jumpa pers Pasar Kangen Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Acara dalam Pasar Kangen ini menampilkan beraneka ragam jajanan khas yang unik dan langka yang pernah ada di Yogyakarta dan dari daerah lain. Selain itu, Pasar Kangen juga menampilkan, menjajakan barang-barang lawasan serta mainan tempo dulu dan aneka kerajinan.

"Mengapa itu harus ditampilkan dan disajikan?. Melihat perkembangan zaman yang serba cepat banyak budaya-budaya dari luar yang masuk dan mulai menggeser kebudayaan kita atau bahkan menghilangkan kebudayaan yang pernah kita miliki," kata Ong.

Serangan itu begitu kuat sampai pada ruas-ruas dan cita rasa lidah dalam hal kuliner, sehingga mempengaruhi selera cita rasa seseorang. Sekarang banyak bermunculan makanan-makanan, jajanan dari luar dijajakan dan dikonsumsi masyarakat. "Dalam hal ini kami harus mewaspadai fenomena tersebut, karena kuliner adalah salah satu kebudayaan dalam kehidupan berbangsa dan kuliner adalah kebudayaan, hasil olah pikir masyarakat dan kreativitas sebuah bangsa, maka pangan harus tetap dipertahankan," ujar Ong.

2. Tentang tema pasar kangen 2023

Siap-Siap, Pasar Kangen Yogyakarta Hadir Lagi Mulai 27 Juli 2023Jumpa pers Pasar Kangen Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Lebih lanjut, Ong menjelaskan Tema Pasar Kangen 2023 dengan Gandeng-Gendong merupakan sebuah kerja sama antar beberapa pihak dan sesama, pihak pemerintah dan masyarakat, masyarakat dan pengusaha/ swasta seperti bank untuk saling membantu dalam pengembangan usaha. 

"Melihat perkembangan teknologi sekarang ini maka dunia usaha semakin besar tantangannya maka konsep Gandeng-Gendong menjadi penting untuk saling memberi pengetahuan-pengetahuan baru, baik bidang teknologi maupun sistem manajemennya," ungkap Ong.

Pasar Kangen menjadi media untuk saling memberi, ajang kreativitas dan mengangkat ekonomi masyarakat. Berbasis nilai-nilai lokal dan bahan-bahan pangan lokal. Pasar Kangen bukan berarti berhenti dalam hal kelawasannya saja, namun juga mempunyai niatan untuk bisa bersanding dan menghadapi perkembangan zaman ke depan tanpa menghilangkan jati diri budaya bangsa.

Baca Juga: Pameran Seni di Jogja yang Berakhir Juli 2023, Jangan Terlewat

3. Animo Pasar Kangen Jogja selalu tinggi

Siap-Siap, Pasar Kangen Yogyakarta Hadir Lagi Mulai 27 Juli 2023IDNTimes/Holy Kartika

Dari tahun ke tahun, minat para peserta serta antusiasme masyarakat semakin meningkat, terlihat dari omzet per tahunnya selalu meningkat dan daya beli masyarakat juga semakin meningkat. "Ketika daya beli masyarakat meningkat maka wujud kita mencintai produk kita sendiri, dan kuliner nusantara/makanan nusantara terus ada keberlanjutannya. Pada intinya Pasar Kangen adalah merupakan ajang Ketahanan Pangan Nusantara,” kata Ong.

Kepala Seksi Penyajian dan Pengembangan Seni Budaya Dinas Kebudayaan DIY, Padmono Anggoro Prasetyo menambahkan Pasar Kangen merupakan acara tahunam di Yogyakarta. Acara tahunan ini dimulai sejak tahun 2007. Ide awal gagasan ini dicetuskan oleh beberapa seniman perupa, pertunjukan dan aktivis kebudayaan di Yogyakarta yang difasilitasi oleh Taman Budaya Yogyakarta pasca gempa bumi yang melanda Yogyakarta tahun 2006 sebagai konsep pemberdayaan masyarakat untuk bangkit kembali dalam pasca gempa, atau trauma healing

"Saat ini Pasar Kangen memasuki tahun yang ke 16. Ada beberapa tema diusung, kita tidak lepas dari konsep awal tentang tujuan produktivitas kreativitas kuliner yang notabene tempo dulu," ujar Anggoro.

Baca Juga: 10 Agenda Wisata Jogja Juli 2023, Stand Up Comedy sampai Konser

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya