Parkir Stasiun Yogyakarta Mulai Gunakan Pembayaran NonTunai 

Minimalkan kehilangan tiket parkir

Yogyakarta, IDN Times - Stasiun Yogyakarta telah menerapkan sistem pembayaran nontunai menggunakan kartu uang elektronik untuk area parkir, mulai 1 September 2023. Pemilik kendaraan bisa menggunakan kartu uang elektronik dari berbagai bank maupun menggunakan KMT Commuterline.

"Di Stasiun Yogyakarta, sistem pembayaran non tunai menggunakan kartu uang elektronik ini berlaku untuk parkir kendaraan mobil dan motor. Pembayaran dapat menggunakan kartu uang elektronik dari beberapa bank yaitu e-Money (Mandiri), Flazz (BCA), TapCash (BNI), BRIZZI (BRI), dan KMT Commuterline," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, Minggu (3/8/2023). 

1. Diklaim memiliki sejumlah keunggulan

Parkir Stasiun Yogyakarta Mulai Gunakan Pembayaran NonTunai Parkir di Stasiun Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Franoto mengatakan penerapan sistem pembayaran nontunai bisa meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pelanggan. Penumpang tidak akan repot mencari karcis parkir saat keluar, dan meminimalisir denda akibat kehilangan tiket parkir. 

"Pengoperasian kartu uang elektronik ini juga menekan human error dari sisi salah perhitungan uang kembalian," kata Franoto.

2. Diimbau memastikan saldo cukup

Parkir Stasiun Yogyakarta Mulai Gunakan Pembayaran NonTunai Parkir di Stasiun Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Pelanggan nantinya setelah melakukan tap in, akan mendapatkan struk sebagai bukti pembayaran pemotongan kartu uang elektronik sejumlah biaya parkir yang berlaku. "Para pelanggan diimbau untuk mempersiapkan kartu uang elektronik dan memastikan cukup saldo saat akan keluar parkir," ujar Franoto.

Baca Juga: Stasiun Yogyakarta Jadi Salah Satu Favorit Turis Asing

3. Sejumlah stasiun besar telah menerapkan sistem nontunai

Parkir Stasiun Yogyakarta Mulai Gunakan Pembayaran NonTunai Stasiun Yogyakarta (kai.id)

Area parkir stasiun saat ini dikelola oleh PT Reska Multi Usaha, yaitu anak perusahaan KAI. Bebera stasiun besar yang telah menerapkan sistem pembayaran yang sama adalah Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Gubeng, Stasiun Kiaracondong, dan lainnya.

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja-Solo Terbaru, Tarif Rp8 Ribu Sekali Jalan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya