Parkir Liar Masih Ditemui di Jogja saat Libur Lebaran

Akan andalkan angkutan umum

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) masih menemui parkir di bahu jalan selama libur Lebaran. "Ya ya itu (parkir di bahu jalan masih ada)," ungkap Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (16/4/2024).

1. Kedatangan kendaraan lebih tinggi dibanding ketersediaan parkir

Parkir Liar Masih Ditemui di Jogja saat Libur LebaranPenertiban parkir liar di Kota Jogja. (Dok. Istimewa)

Made menyebut terkait aturan parkir, tak hanya pemerintah yang membuat aturan, perlu adanya peran masyarakat. "Kalau tanpa kontribusi masyarakat ya akan susah kita," ujar Made.

Made menambahkan pihaknya telah menyiapkan kantong-kantong parkir, namun, disebutnya kedatangan selama libur Lebaran jauh lebih tinggi dari ketersediaan kapasitas yang ada.

2. Lebih andalkan angkutan umum

Parkir Liar Masih Ditemui di Jogja saat Libur LebaranKepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Made mengungkapkan evaluasi yang dilakukan, angkutan umum massal didorong sebagai sarana mobilitas, sehingga penggunaan kendaraan pribadi yang bisa membuat kepadatan bisa berkurang.

"Ya apalagi besok tol ya, kita bicara masih fungsional ya (saat ini tol fungsional Solo-Jogja). Kalau tol sudah jadi, saya kira tidak menunggu Lebaran (orang) ke Jogja. Libur 2-3 hari sudah ke sini juga. Ini perlu kita antisipasi," ucap Made.

Baca Juga: Omah Betakan, Kafe dan Homestay Estetik di Barat Jogja

3. Pemkot sempat tertibkan parkir liar

Parkir Liar Masih Ditemui di Jogja saat Libur LebaranPenertiban parkir liar di Kota Jogja. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bersama Polresta Kota Yogyakarta menertibkan parkir liar jelang libur Lebaran. Sejumlah juru parkir kedapatan melakukan aktivitas parkir di tempat yang dilarang. 

"Penertiban parkir liar itu untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas pada masa libur Lebaran," ujar Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Imanuddin Aziz, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga: PHRI Soroti Penginapan Tak Miliki Izin, Berpotensi Rugikan Pemerintah 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya