Pantau Kondisi Jalan, Tahun Ini Pemkot Yogyakarta Tambah Jumlah ATCS

ATCS dinilai lebih efektif

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menambah penggunaan teknologi area traffic control system (ATCStahun ini. Keberadaan ATCS dinilai memudahkan pengaturan lalu lintas dan durasi lampu Alat Peraga Lalu Lintas (APILL) di simpang jalan.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sat ini mengkaji beberapa simpang jalan yang akan dipasang ATCS. Perangkat ATCS ini merupakan sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan melalui optimalisasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

"Semua simpang target kami akan dilengkapi dengan perangkat ATCS. Setiap tahun kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran. Untuk tahun ini kita akan tambahkan di dua simpang," kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Hary Purwanto, Rabu (17/1/2024).

1. ATCS dipasangdi simpant empat ramai kendaraan

Pantau Kondisi Jalan, Tahun Ini Pemkot Yogyakarta Tambah Jumlah ATCSKondisi lalu lintas di simpang empat Tegalgendu yang dinilai perlu dilengkapi ATCS. (Dok. Istimewa)

Hary menjelaskan saat ini penambahan ATCS di dua simpang itu masih dikaji lokasinya. Ada sekitar 4 titik simpang APILL yang cukup krusial membutuhkan ATCS yaitu simpang empat Tegalgendu, Wirosaban, Baciro dan simpang tiga Glagahsari. Kempat simpang APILL itu tingkat kepadatan lalu lintasnya cukup tinggi. Dicontohkan di simpang empat Tegalgendu saat jam-jam sibuk di pagi dan sore hari antrean kendaraan sangat panjang.

"Ini nanti coba akan kita lihat dari segi prioritas dan terkait daya dukung perangkat di sekitarnya. Nanti (simpang) mana yang akan kita tentukan," kata Hary.

2. ATCS efektif mengatur lalu lintas

Pantau Kondisi Jalan, Tahun Ini Pemkot Yogyakarta Tambah Jumlah ATCSATCS di Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Pihaknya berharap penambahan ATCS itu dapat terealisasi pada triwulan ketiga tahun 2024. Mengingat ada proses tahapan pengadaan ATCS yang diperkirakan dilakukan triwulan satu sampai dua tahun ini.

Menurutnya keberadaan ATCS itu cukup efektif untuk mengatur lalu lintas dan durasi lampu APILL karena tidak perlu menggunakan banyak personel ke lapangan. Semua pengaturan APILL terutama durasi lampu merah dan hijau bisa diatur dari ruang kontrol ATCS di Kantor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Pengaturan pun lebih cepat dilakukan. Selain itu ATCS dilengkapi dengan kamera CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas di persimpangan.

"Jadi misalnya ketika kita monitor suatu simpang ada antrean panjang, durasi hijaunya bisa kita tambah. Itu cukup kita program dari kantor. Sebelum ada ATCS kami harus menerjunkan personel untuk langsung melakukan pengaturan lalu lintas dan mengubah seting lampu yang ada di simpang. Dengan ATCS kita lebih mudah," terang Hary.

Baca Juga: Kualitas Air Sungai di Kota Yogyakarta Memburuk, Ini Penyebabnya

3. Puluhan simpang dilengkapi ATCS

Pantau Kondisi Jalan, Tahun Ini Pemkot Yogyakarta Tambah Jumlah ATCSSimpang empat Wirosaban yang juga menjadi salah satu titik krusial untuk dipasang ATCS. (Dok. Istimewa)

Hary menyebut dari 58 simpang dengan APILL di Kota Yogyakarta sudah ada 38 simpang dilengkapi ATCS. Jumlah tersebut sekitar 75 persen dari total simpang APILL di Kota Yogyakarta. Sedangkan khusus di simpang empat Pingit selain ATCS juga dilengkapi sistem detektor untuk memudahkan pengaturan lampu APILL. Mengingat simpang Pingit adalah akses keluar masuk ke wilayah kota sehingga lalu lintas cukup padat. Durasi maksimal di lampu APILL di simpang Pingit maksimal 120 detik.

"Memang (lampu) merah agak lama, tapi hijaunya lama juga dan langsung habis (antrean kendaraan). Jadi sistem detektor itu untuk melihat kendaraan paling belakang, memastikan sampai paling belakang (kendaraan) habis (saat hijau)," kata dia.

Baca Juga: Jamu Persiraja, PSIM Yogyakarta Targetkan 3 Poin

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya