Pantai dan Malioboro Masih Jadi Tujuan Favorit Selama Libur Lebaran

Puncak kunjungan wisatawan 13 april 2024

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinpar DIY) menyebut Malioboro dan kawasan pantai masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan. 

"Favorit masih di pantai, dan Malioboro tetap destinasi yang wajib dikunjungi," ungkap Plh Kepala Dinpar DIY, Anita Verawati, Senin (15/4/2024).

1. Puncak kunjungan wisatawan pada 13 April 2024

Pantai dan Malioboro Masih Jadi Tujuan Favorit Selama Libur LebaranKunjungan wisatawan di Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Vera mengaku belum bisa mengungkapkan jumlah wisatawan yang masuk ke DIY selama libur Lebaran tahun ini. "Dinpar DIY masih merekap jumlah wisatawan yang berkunjung. Kami belum berani mengatakan, karena data belum lengkap. Kalau puncak (kunjungan wisatawan) hari Sabtu kemarin (13 April 2024)," ungkap Vera.

2. Kepadatan lalu lintas di destinasi wisata

Pantai dan Malioboro Masih Jadi Tujuan Favorit Selama Libur LebaranPenarikan tiket retribusi masuk objek wisata di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Vera mengatakan pada musim libur Lebaran tahun ini sempat terjadi kepadatan arus lalu lintas, namun ia mengklaim hanya sebatas padat merayap. "Bukan macet, tapi padat merayap, wajar karena volume kendaraan yang meningkat," kata Vera.

Vera mengatakan salah satu tantangan di dunia pariwisata tersebut selalu menjadi bahan evaluasi bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kepolisian. "Sudah ada rekayasa lalu lintas, apa yang kita lakukan tahun ini berdasarkan hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya," kata Vera.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, PHRI DIY Andalkan Paket Syawalan

3. Tidak ada keluhan tentang harga nuthuk

Pantai dan Malioboro Masih Jadi Tujuan Favorit Selama Libur LebaranPlh Dinpar DIY, Anita Verawati. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat disinggung apakah terdapat temuan tentang nuthuk harga, Vera mengaku hingga saat ini masih aman. Dikatakannya belum ada keluhan. "Kalau sampai saat ini masih mandali. Belum ada keluhan terkait hal itu," ungkap Vera.

Baca Juga: PT KAI Tambah Perjalanan Kereta ke Yogyakarta dan Gambir

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya