Pameran People Stories Project, Eksplorasi Cerita dari Liyan

Berbagai cerita disajikan seniman

Sleman, IDN Times - LIB Studio bersama sejumlah seniman mempersembahkan pameran People Stories Project di LIB Studio, Jalan Pamungkas No. A18, Kaliurang Km 14, mulai Sabtu, 29 Juli–12 Agustus 2023. Dalam pameran ini, para seniman mengeksplorasi kreativitas untuk memvisualisasikan cerita dari liyan.

Eksplorasi tersebut kemudian dihadirkan dalam pameran dengan berbagai medium, seperti instalasi grafir pada akrilik, lukisan, dan drawing. Setidaknya 8 seniman terlibat dalam pameran kali ini, di antaranya Bucex Yuan, Flea Aura, Gilang Ramadan, Milyartho (Milybone), Rifkki Arrofik, Rivan K., Pebri F. Prakoso, Wijaseta.

1. Apresiasi atas cerita dengan bentuk berbeda

Pameran People Stories Project, Eksplorasi Cerita dari LiyanPembukaan Pameran 'People Stories Project'. (Dok. Istimewa)

Salah satu pameris, Gilang menyebut People Stories Project merupakan presentasi atas temuan-temuan keingintahuan kisah dalam keluarga, personal proyek, dan beberapa sumbangan kisah dari teman-teman. Pameran ini mencoba menghadirkan interaksi percakapan atau apresiasi atas cerita dengan bentuk yang lain.

"Pemilihan judul pameran cukup banyak menjelaskan tujuan presentasi kali ini, cerita orang-orang. Kegiatan mendengar dan didengar kemudian diubah bentuk ke rupa visual oleh para seniman," ujar Gilang.

2. Hasil pengumpulan cerita bervariasi

Pameran People Stories Project, Eksplorasi Cerita dari LiyanPembukaan Pameran 'People Stories Project'. (Dok. Istimewa)

Apresiasi atas berbagai cerita yang telah mereka temukan, dengarkan, dan beberapa di antaranya masih dalam pencarian. Latar belakang pengumpulan cerita yang sangat bervariasi, mulai dari obrolan keingintahuan atas sejarah keluarga, riset pribadi atas jagung putih atau jagung jawa.

"Gegar budaya keseharian pemuda tani dengan pemuda perkotaan. Hingga kegelisahan atas apresiasi terhadap cerita itu sendiri yang dirasa makin kerdil dengan adanya media sosial," jelas Gilang.

Baca Juga: Perupa Nani Nurhayati Sulap Sisa Reruntuhan Hotel Jadi Karya Seni 

3. Sejumlah cerita diangkat para seniman

Pameran People Stories Project, Eksplorasi Cerita dari LiyanSalah satu karya yang dipamerkan di Pameran 'People Stories Project'. (Dok. Istimewa)

Seperti pada salah satu seniman, yang mengajak ibu dan bapaknya berkolaborasi melukis untuk menceritakan ulang satu peristiwa yang sama-sama mereka alami, tapi dengan perspektif mereka sendiri. Ada pula perupa yang memang sengaja membuka sesi interaktif di laman pribadi Instagram dan mempersilakan siapapun untuk mengirimkan cerita, memberi respons, atau sesederhana permintaan untuk menggambarkan sesuatu secara spesifik, cerita sehari-hari, curhatan, hingga bahkan permintaan untuk memvisualisasikan lagu, untuk kemudian ia respons ke dalam bentuk karya, bukan hanya sekadar merespons dengan tombol suka di laman media sosial.

Dalam karya-karya yang lain, para seniman mempersilakan kita untuk berimajinasi dan merespons secara bebas seperti yang mereka lakukan atas cerita yang mereka hadirkan dalam ruang galeri. Menjadi semakin peka mendengarkan dan mengapresiasi cerita liyan, terutama mereka yang ada di dekat kita kemudian menjadi energi yang ingin disampaikan oleh para seniman pada presentasi kali ini.

Baca Juga: Matjan Gelar Pameran di Jogja, Mengkritisi Bali Melalui Perupa  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya