Padukan Tradisional dan Modern Sepatu Lokal Bersaing di Pasar Global  

Jalani bisnis secara etis

Yogyakarta, IDN Times - Produk sepatu dalam negeri tidak kalah bersaing dengan brand luar, bahkan kualitasnya bisa diadu. Produk dalam negeri pun terus meningkatkan kualitas, dan terus berinovasi salah satunya sepatu kulit lokal bermerek TXTURE.

TXTURE tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga telah menarik perhatian pasar internasional berkat produk-produknya yang berkualitas tinggi dengan desain yang klasik. Ciri khas TXTURE yakni berhasil memadukan unsur tradisional dengan sedikit sentuhan yang lebih fresh dan modern dalam setiap produknya.

1. Pertahankan produksi secara tradisional dan berinovasi

Padukan Tradisional dan Modern Sepatu Lokal Bersaing di Pasar Global  Produk sepatu kulit TXTURE. (Dok. Istimewa)

Founder TXTURE, Prima Rahadiantara Subakti, menjelaskan TXTURE berkomitmen untuk mempertahankan teknik pembuatan sepatu kulit secara tradisional yang telah menjadi warisan budaya dunia. Setiap pasang sepatu TXTURE dibuat secara manual menggunakan tangan oleh pengrajin yang berpengalaman.

Proses produksinya, kata Joe sapaan akrabnya, menggunakan teknik-teknik handwelted, yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Bahan baku yang digunakan pun dipilih dengan sangat teliti, memastikan kualitas dan daya tahan yang optimal.

"Penggunaan teknik tradisional adalah inti dari apa yang kami lakukan di TXTURE. Kami percaya bahwa setiap sepatu harus memiliki jiwa dan cerita, yang hanya bisa tercapai melalui sentuhan tangan pengrajin yang berdedikasi," ujar Joe.

Meski mempertahankan unsur tradisional, TXTURE juga terus berinovasi dengan menggabungkan elemen-elemen modern dalam desain mereka. Hal ini terlihat dari berbagai koleksi mereka yang memadukan estetika klasik dengan gaya kontemporer. Desain yang fungsional dan nyaman, namun tetap stylish, membuat sepatu TXTURE cocok untuk berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual.

TXTURE juga menerapkan alur produksi yang efisien dalam proses produksi untuk meningkatkan efektifitas dan konsistensi kualitas. "Kami selalu mencari cara baru untuk meningkatkan dan menjaga kualitas dari produk kami, baik dari segi desain maupun proses produksi. Inovasi adalah mitra kami dalam menjaga standar tinggi yang kami tetapkan," ujar Joe.

2. Peroleh respons positif dari pasar

Padukan Tradisional dan Modern Sepatu Lokal Bersaing di Pasar Global  Produk sepatu kulit TXTURE. (Dok. Istimewa)

Joe mengaku sejak diluncurkan, TXTURE telah menerima banyak respons positif baik dari konsumen maupun dari reviewer fashion. Pencapaian ini tidak hanya memperkuat posisi TXTURE di pasar domestik, tetapi juga membuka peluang untuk ekspansi ke pasar internasional.

Joe menambahkan salah satu strategi yang dilakukan TXTURE untuk menjangkau pasar global adalah dengan branding yang kuat. Dengan memanfaatkan platform online, TXTURE dapat menjual produknya ke pelanggan di berbagai belahan dunia, sambil tetap mempertahankan pendekatan personal melalui pelayanan pelanggan yang responsif.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Butuh Lebih dari Satu Pasang Sepatu, Pahami Bro!

3. Menjalani bisnis secara etis

Padukan Tradisional dan Modern Sepatu Lokal Bersaing di Pasar Global  Pelanggan produk sepatu kulit TXTURE. (Dok. Istimewa)

Meurut Joe, selain fokus pada kualitas dan desain, TXTURE juga menunjukkan komitmen pada keberlanjutan. Mereka menggunakan kulit dengan memastikan praktik bisnis yang etis. "Kami percaya bahwa kesuksesan tidak hanya diukur dari keuntungan, tetapi juga dari dampak positif yang kami berikan kepada lingkungan dan masyarakat," kata Joe.

Dengan kombinasi teknik tradisional, inovasi dalam produk, dan komitmen pada kualitas, TXTURE terus konsisten untuk menjadi brand sepatu kulit yang konsisten dalam meneraptkan standar yang tinggi. Mereka berencana untuk memperluas jangkauan produk mereka sambil terus menjaga nilai-nilai yang menjadi dasar dari brand mereka.

Baca Juga: Hotplate Sate Kambing Jadi Buruan Pelancong di Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya