Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Verbal Komika di Acara Desak Anies

Panitia dan komika meminta maaf

Sleman, IDN Times - Agenda Desak Anies yang menghadirkan Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan di Rocket Convention Hall, Sidomoyo, Godean, Selasa (23/1/2024) diwarnai pelecehan secara verbal oleh Komika, Felixius Seda yang menjadi pembuka acara. Pelecehan tersebut ditujukan kepada jurnalis Najwa Shihab yang tengah meliput acara Desak Anies dengan tema pendidikan.

Felixius Seda awalnya menyapa Najwa Shihab. Setelah itu Felixius Seda menyinggung warna baju putih yang dikenakan founder Narasi TV, namun diwarnai dengan pelecehan secara verbal. "Warna baju mbak Nana (Najwa Shihab) ini putih-putih terlihat kayak mirip sprei kasurku. Jadi pengin tak tidurin," ujar Felixius Seda.

 

1. Mendapat kecaman dari peserta

Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Verbal Komika di Acara Desak AniesNajwa Shihab dalam acara IMGS 2023, Fostering Youth Leadership Skills in Navigating The Digital Landscape pada Sabtu (25/11/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Celotehan tersebut langsung mendapat kecaman dari salah satu peserta yang hadir. Emma, perempuan yang berasal dari Solo itu menyebut ada kegelisahan soal acara Desak Anies ini karena penyampaian materi dari Komika. "Saya sangat menyayangkan kenapa di ruang aman berdemokrasi yang coba kita inisiasi bersama masih ada pembolehan, pewajaran, menyampaikan materi yang sifatnya sexiest, misoginis dan homophobic," ujar Emma.

Emma menyayangkan pernyataan dari Komika yang mengisi acara tersebut, padahal ia melihat orang-orang yang hadir di acara Desak Anies ini sangat beragam. "Saya mengapresiasi antusiasme semua orang terhadap acara Desak Anies. Kalau boleh saya berpesan mari kita membuat ruang berdemokrasi yang aman," ucap Emma.

 

2. Pihak penyelenggara meminta maaf

Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Verbal Komika di Acara Desak AniesMelalui akun media sosial Instagram miliknya, Ubah Bareng menulis pernyataan sikap dan ppermohonan maaf.

Pihak yang bertanggung jawab penyelenggaraan Desak Anies yaitu Ubah Bareng meminta maaf atas kejadian ini. Melalui akun media sosial Instagram miliknya, Ubah Bareng menulis pernyataan sikap dan ppermohonan maaf.

Akun @ubahbareng tersebut mengakui adanya pelecehan verbal dan memohon maaf atas kejadian tersebut. "Benar telah terjadi pelecehan secara verbal oleh Felixius Seda sebagai pembuka acara terhadap mbak Najwa Shihab (Nana) yang turut hadir dalam tugasnya sebagai jurnalis untuk meliput kegiatan Desak Anies kali ini," tulis akun tersebut.

"Kami terkejut, kecewa, dan amat menyayangkan keluarnya bit objektifikasi perempuan secara impromptu tersebut di hadapan ribuan penonton yang hadir di lokasi dan mengikuti melalui live streaming. Setelah acara kami meminta Felixius Seda bersama kami untuk langsung meminta maaf kepada korban atas kejadian yang memalukan dan menyakitkan ini," lanjut akun tersebut.

Akun tersebut juga menyebut korban telah berbesar hati memaafkan, dan tidak meminta permohonan maaf secara terbuka oleh panitia. Namun pihak panitia tetap mengeluarkan pernyataan permohonan maaf. Permohonan maaf dari penyelenggara tidak mewakili komika, dan meminta Felixius Seda meminta maaf sendiri secara terbuka.

"Walaupun sebelum acara kami telah melakukan briefing dengan komika dan menyampaikan larangan membahas soal SARA dan bit yang bersifat objektifikasi dan pelecehan, namun kejadian ini menunjukkan bahwa antisipasi yang kami lakukan belumlah cukup. Kami akan melakukan evaluasi secara serius dan memperbaiki SOP kedepan, termasuk penyeleksian dan perjanjian yang lebih ketat, serta mekanisme penghentian sesi pengisi acara yang melanggar norma dan etika," tulis akun @ubahbareng.

 

Baca Juga: Izin Desak Anies di Museum Diponegoro Jogja Dicabut, Lokasi Dipindah

3. Felixius Seda meminta maaf secara langsung

Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Verbal Komika di Acara Desak AniesKomika Felixius Seda menunggah video saat meminta maaf kepada Najwa Shihab(Instagram/felixseda)

Melalui media sosial milik Felixius Seda, diunggah video pertemuannya dengan Najwa Shihab saat meminta maaf atas kejadian tersebut. "Saya Felixius Juang Seda mau minta maaf ke Mbak Najwa Shihah terkait gombalan saya waktu tampil di acara Desak Anies Yogyakarta. Minta maaf ya kak, bener-bener minta maaf," kata Felixius Seda kepada Najwa Shihab.

Najwa Shihab mengakui dirinya memaafkan dan memberi pesan kepada Felixius Seda agar lebih sensitif dalam memilih bahan guyonan. "Ya mudah-mudahan bisa lebih sensitif dalam memilih jokes gitu ya. Mudah-mudahan bisa terus belajar dan pengalaman ini bisa menjadi bahan untuk bisa reflektif menjadi komika yang lebih cerdas dalam memilih lawakan, lebih sensitif dan juga bisa untuk memperbaiki diri. Iya, iya dimaafkan asal betul-betul bisa jadi pembelajaran," ucap Nana.

 

Baca Juga: Diminta Ganjar Untuk Mundur, Mahfud MD Sebut Alasan Masih Jadi Menteri

Baca Juga: Prabowo Batal Hadir di Acara Dukungan Relawan Betawi karena Sakit

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya