Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan Satgas Ramadan hingga SPBU Rest Area

Stok BBM dan LPG aman

Yogyakarta, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RaFi) 2024 di jalur Pantai Selatan (Pansela) wilayah Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kulon Progo, selama masa mudik dan balik Lebaran. Satgas Rafi 2024 dibentuk sejak 25 Maret - 21 April 2024.

"Untuk Satgas RaFi tahun ini, kami menempatkan beberapa titik pengisian (supply point) di beberapa SPBU dengan menyiapkan mobil tanki yang bersiaga. Selain menyiapkan layanan siaga, masyarakat juga bisa beristirahat di lokasi-lokasi SPBU kami. Beberapa SPBU kami terdapat layanan Serambi MyPertamina, yaitu tempat persitirahatan bagi Pelanggan di SPBU Rest Area," ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi, saat mengecek kesiapan Satgas Rafi, Rabu (27/3/2024). 

1. Berikan layanan Serambi MyPertamina

Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan Satgas Ramadan hingga SPBU Rest AreaKesiapan Pertamina Patra Niaga menyambut lebaran. (Dok. Istimewa)

Harsono Budi menambahkan selama arus mudik Lebaran, terdapat layanan Serambu MyPertamina untuk mengganti oli Pertamina, dan layanan kesehatan, nursery room untuk ibu dan bayi/balita, serta pengecekan kesehatan.

Serambi MyPertamina wilayah Tol Trans Jawa di Jawa Tengah terdapat di rest area KM 379 A, terletak di belakang Masjid Sabiilul Istiqomah, dan rest area 260 B yang terletak di area parkir.

2. Pemantauan di sejumlah wilayah

Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan Satgas Ramadan hingga SPBU Rest AreaKesiapan Pertamina Patra Niaga menyambut lebaran. (Dok. Istimewa)

Fuel Terminal (FT) Manager Maos, Wisnu Eka Baskara, memberikan penjelasan mengenai kesiapan FT Maos untuk menyalurkan BBM ke masyarakat terutama pada periode Satgas RaFi 2024. FT Maos menyiagakan depotnya selama 20 jam untuk menyiagakan penyaluran BBM ke masyarakat terutama saat periode Satgas RaFi ini.

"FT Maos menyalurkan BBM ke wilayah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen. Kami mendapatkan suplai dari Fuel Terminal Lomanis. Operasional sehari-hari kami lancar dan tidak ada kendala, namun untuk periode Satgas RaFi ini kami lebih menyiagakan depot kami dengan beroperasi selama 20 jam," jelas Wisnu.

 

Baca Juga: Dear Pemudik, Waspadai Titik Rawan Banjir dan Longsor di Sleman

Baca Juga: Ini Rute dan Tarif Naik Damri di Jogja hingga ke Candi Borobudur

3. Stok BBM dan LPG selama Lebaran aman

Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan Satgas Ramadan hingga SPBU Rest AreaKesiapan Pertamina Patra Niaga menyambut lebaran. (Dok. Istimewa)

Corporate secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan, stok BBM dan LPG dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 5.027 Agen LPG, dan 71 DPPU.

"Selain meningkatkan stok, kehandalan sarana dan prasarana di seluruh operasional serta memastikan aspek keselamatan dan HSSE, kami juga terus memastikan ketersediaan stok dan distribusi BBM dan LPG melalui monitoring real time harian, serta meningkatkan pelayanan di SPBU dan agen serta pangkalan LPG di seluruh wilayah," tutur Irto.

Baca Juga: Kasus Demam Berdarah di Jogja Naik Tajam, 2 Orang Meninggal

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya