Mitra Managerial Permudah Seniman Kelola Pameran Seni

NR Management fasilitasi para seniman untuk pameran

Yogyakarta, IDN Times - NR Management menawarkan menjadi mitra managerial bagi para seniman dalam menggelar pameran secara profesional. Dengan hadirnya mitra managerial, pameran diharapkan akan berlangsung lebih lancar.

Director NR Management, Maria Novita Riatno menyampaikan, selaku mitra managerial NR Management yang mengurus semua keperluan seniman dan hal itu yang telah dilakukan dalam Pameran 'Lepas Kala' yang baru saja usai.

1. Konsep baru di Indonesia

Mitra Managerial Permudah Seniman Kelola Pameran SeniPameran Lepas Kala yang didukung NR Management. (Dok. Istimewa)

Managerial seniman ini merupakan fenomena baru di jagat seni. Managerial Pameran Seni Rupa hanya salah satu dari pekerjaan yang kami tangani. "Konsep ini belum pernah ada di Indonesia. Kalau diluar negeri, sudah biasa," ujar Novita, di Museum Sonobudoyo, Rabu (31/1/2024).

Novita menambahkan penyelenggaraan pameran bukan hal yang baru bagi dirinya. Tetapi jika kemudian dirinya lebih fokus dalam melakukan manajemen pameran seni, hal itu dilandasi rasa keprihatinan karena selama ini para seniman banyak yang mengurus semuanya secara mandiri. 

2. Jogja dipilih sebagai pusat seni budaya

Mitra Managerial Permudah Seniman Kelola Pameran SeniPameran Lepas Kala yang didukung NR Management. (Dok. Istimewa)

Jika kemudian NR Management memilih Jogja sebagai kota perdana, karena Jogja merupakan kota seni sehingga gema dari pameran ini diharapkan dapat menjalar ke kota-kota besar lainnya. Namun, niat utama dari NR Management adalah dapat menjadi penghubung antara seniman dengan para kolektor/ pecinta seni yang selama ini dilakukan sendiri oleh seniman.

"Jogja merupakan pusat seni dan budaya. Bahkan, Jogja juga terkenal sebagai kota festival dan pameran yang sangat berkelas di Indonesia. Semua orang belajar tentang pameran dari Jogja, jadi kita awali proyek perdana ini dari Jogja," tandas alumni Tata Kelola Seni Institut Seni Indonesia ini.  

Mengenai proyek perdananya ini, Novita mengaku hal ini merupakan awal dari proyek berikutnya yang segera akan digelar di kota besar lainnya. Bahkan, dirinya juga sedang mempersiapkan untuk menggelar pameran di luar negeri. 

Baca Juga: Seniman Jogja Ciptakan Karya Seni dari Tumpukan Sampah 

3. Mendukung pameran Lepas Kala

Mitra Managerial Permudah Seniman Kelola Pameran SeniPameran Lepas Kala yang didukung NR Management. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, seniman Ida Bagus Putu Purwa menyampaikan, pihaknya merasa terhormat mendapat kesempatan perdana bekerja sama dengan NR Management. Untuk itu, untuk proyek perdana dengan NR Management pihaknya memilih tema 'Lepas Kala' yang menceritakan perjalanan proses kreatifnya. 

"Pameran ini merupakan potret perjalanan proses kreatif saya dari awal hingga saat ini, untuk memperkenal diri saya kepada para penikmat seni," ujar seniman yang akrab disapa dengan Gus Purwa ini.

Baca Juga: Musisi Lintas Genre Suarakan Krisis Iklim lewat Sonic/Panic

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya