Malam Tahun Baru, Kawasan Malioboro Bakal Bebas Kendaraan

Pesta kembang api akan tersebar di 15 titik di DIY

Yogyakarta, IDN Times - Peringati malam tahun baru, kawasan Malioboro akan diberlakukan bebas kendaraan atau car free night. Rekayasa lalu lintas ini ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Akan ada rekayasa lalu lintas. Khusus malam tahun baru kami melaksanakan car free night," ujar Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (21/12/2023).

1. 4,5 juta orang bakal lewat dan mampir di DIY

Malam Tahun Baru, Kawasan Malioboro Bakal Bebas KendaraanKapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irjen Pol. Suwondo Nainggolan. (Dok. Istimewa)

Nantinya, kendaraan tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Malioboro dari Pos Teteg sampai dengan Titik Nol Kilometer, mulai pukul 18.00 WIB. "(Saat malam tahun baru) Tidak boleh ada kendaraan melintas sampai pukul 05.00 WIB, pada Senin 1 Januari 2024)," kata Suwondo.

Langkah tersebut sebagai upaya mengurai lonjakan wisatawan selama libur Nataru. Pasalnya diperkirakan sekitar 4,45 juta orang bakal lewat dan tinggal di DIY. 

Suwondo menjelaskan berbagai langkah dilakukan untuk menyambut wisatawan yang mencapai jutaan tersebut. Pertama, memastikan keamanan, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas di wilayah DIY.

"Kalau hanya melintas maka akan diarahkan ke jalur langsung untuk melintasi Jogja. Yang masuk wilayah atau menuju Kota Yogyakarta dan sekitarmya diatur pengendaliannya, sehingga tidak terjadi kemacetan yang terlalu panjang dan lama," ujar Suwondo.

2. Antisipasi kejahatan hingga mitigasi bencana

Malam Tahun Baru, Kawasan Malioboro Bakal Bebas Kendaraanilustrasi kriminalitas (IDN Times/Mardya Shakti)

Suwondo menuturkan, langkah selanjutnya operasi keamanan dengan melakukan antisipasi kejahatan atau gangguan yang berpotensi terjadi di tengah masyarakat. Selain itu, antisipasi sebagai upaya mitigasi bencana juga dilakukan.

"Telah disepakati pula menyebarluaskan informasi bahwa Pemda DIY maupun unsur di kabupaten/kota dan pihak swasta menggelar kegiatan perayaan malam tahun baru di berbagai tempat. Pada kesempatan ini diharapkan warga bisa menikmati hiburan perayaan tahun baru yang ada di sekitar rumahnya saja. Apabila tidak perlu, tak usah masuk ke wilayah kota," paparnya.

Baca Juga: Menikmati Malam di Kotabaru dengan Ornamen Baru Natal dan Tahun Baru

3. Kegiatan malam tahun baru disebar di berbagai titik

Malam Tahun Baru, Kawasan Malioboro Bakal Bebas KendaraanGubernur DIY, Sri Sultan HB X. (IDN Times/Daruwaskita)

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan kenyamanan orang yang berkunjung ke DIY menjadi perhatian. "Kita perlu mencermati arus lalu lintas yang datang maupun nanti keluar lagi sebagai bentuk pelayanan yang baik bagi seluruh warga,” ungkap Sri Sultan.

Untuk mengurai kepadatan wisatawan di satu titik objek wisata, akan dilakukan berbagai upaya. Salah satunya pesta kembang api akan tersebar di 15 titik di DIY. Harapannya kerumunan tidak hanya terkonsentrasi di jantung Kota Yogyakarta.

Baca Juga: 6 Tempat Tahun Baru di Bantul, Dangdut sampai Pesta Kembang Api

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya