Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Serukan Maklumat Altitude

Tingkatkan kapasitas kepemimpinan guru besar

Sleman, IDN Times - Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (MDGB PTNBH) mendorong peran nyata organisasi dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu poin maklumat dalam ALTITUDE (Academic Leadership Training on Innovative Transformation for University Development and Empowerment) yang dikembangkan guna peningkatan kapasitas kepemimpinan para guru besar, yang diselenggarakan di Yogyakarta tanggal 29 Februari - 2 Maret 2024.

"Sebagai organisasi yang mengemban visi menjadi pemikir bangsa yang berperan nyata dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia, kami peduli terhadap kondisi estafet kepemimpinan nasional, gejolak krisis geopolitik regional, serta bencana ekologi global," ujar Pimpinan MDGB PTNBH, Prof. Andi Pangerang Moenta.

1. Kembangkan kepemimpinan akademik guru besar

Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Serukan Maklumat Altitudeilustrasi Guru Besar (unsplash.com/Jasmine Coro)

Maklumat lainnya mengembangkan kepemimpinan akademik para guru besar dan mendorong untuk menjadi guru bangsa yang berkarya nyata guna memperkuat karakter dan jati diri bangsa.

"Mengembangkan kepemimpinan dengan keluasan cakrawala cara pandang keilmuan dan pemikiran strategis, turut serta memecahkan masalah bangsa dan menawarkan solusi bagi masyarakat sebagai warga negara maupun warga dunia," ujar Prof. Andi.

2. Junjung tinggi integritas hingga etika

Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Serukan Maklumat AltitudeIlustrasi etika. (Pexels.com/Antonio Shkraba)

Prof Andi melanjutkan MDGB PTNBH mengembangkan sumber daya insani perguruan tinggi melalui pelatihan kepemimpinan yang berlandaskan keseimbangan penguasaan agama. Serta ilmu yang menjunjung tinggi integritas, moral, norma, etika, dan budaya akademik dalam menjalankan tugas. 

"Mengoptimalkan peran Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) untuk kemakmuran bangsa dan kesejahteraan umat manusia," kata dia.

Baca Juga: Kisah Haru di Wisuda UGM, Orangtua Gantikan Anaknya yang Meninggal

3. Persiapkan pemimpin yang visioner

Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Serukan Maklumat AltitudeMajelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (MDGB PTNBH). (Dok. Istimewa)

Sementara Prof. Mochammad Maksum menambahkan maklumat MDGB PTNBH yaitu mempersiapkan pemimpinan yang visioner dan memiliki jati diri moral, etika, serta inovatif transformatif dalam berkarya nyata menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Mencerdaskan kehidupan bangsa dan turut serta memberi solusi sebagai warga dunia," kata Maksum.

Baca Juga: 5 Tips Membaca Kritis, Tak Terbatas untuk Mahasiswa Saja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya