Libur Panjang, Commuter Line Yogyakarta-Palur Ditambah 6 Perjalanan

Antisipasi libur panjang

Intinya Sih...

  • KAI Commuter tambahkan 6 perjalanan tambahan Yogyakarta-Palur selama libur Waisak, total 30 perjalanan/hari.
  • Prediksi KAI Commuter adanya 100-130 ribu pengguna dengan volume tertinggi pada awal dan akhir libur panjang.
  • Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada hari libur, KAI Commuter imbau naik dari stasiun lain untuk menghindari kepadatan.

Yogyakarta, IDN Times - Merespons kebutuhan warga di masa libur panjang Hari Raya Waisak, KAI Commuter kembali mengoperasikan enam perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur mulai Kamis (23/5/2024)–Minggu (26/5/2024). Praktis, total perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 30 perjalanan per harinya, lebih banyak dibandingkan hari kerja yaitu 24 perjalanan.

"Penambahan perjalanan ini sebagai upaya mengantisipasi kenaikan pengguna Commuter Line Yogyakarta. Pasalnya, pada hari libur dipastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya," ujar Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Kamis (23/5/2024).

1. Ratusan ribu orang diperkirakan gunakan commuter line

Libur Panjang, Commuter Line Yogyakarta-Palur Ditambah 6 PerjalananPenumpang Commuterline Yogya-Solo. (Dok. Istimewa)

Pada libur panjang ini KAI Commuter memprediksi adanya 100-130 ribu pengguna yang akan menggunakan Commuter Line Yogyakarta dengan volume terbanyak pada awal libur Kamis, (23/5/2024) dan akhir libur panjang pada Minggu, (26/5/2024). Sebelumnya, pada libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus lalu, tercatat total sebanyak 113.126 pengguna, dengan volume tertinggi sebanyak 33.489 orang.

Selain itu, KAI Commuter tetap mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55–20.53 WIB. Di samping, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 WIB - 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25–17.50 WIB.

2. Stasiun Yogyakarta menjadi favorit

Libur Panjang, Commuter Line Yogyakarta-Palur Ditambah 6 PerjalananIlustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Sepanjang Mei 2024 ini, terpantau di Stasiun Yogyakarta, rata-rata pengguna di stasiun tersebut sebanyak 8.500–9.500 orang per hari. "Maka itu, Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada hari libur," kata dia.

Untuk menghindari kepadatan di stasiun ini, KAI Commuter mengimbau pengguna Commuter Line Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan. Pasalnya di stasiun ini biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.500–3.000 pada hari libur.

Baca Juga: Gangguan Pengereman, KA Fajar Utama Alami Keterlambatan

3. Upaya beri pelayanan terbaik

Libur Panjang, Commuter Line Yogyakarta-Palur Ditambah 6 PerjalananCorporate Secretary PT KCI, Anne Purba. (IDN Times/Larasati Rey)

Dengan penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur, KAI Commuter berharap dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

"Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas," ujar Anne.

Baca Juga: Long Weekend Waisak, Daop 6 Yogyakarta Operasikan 6 KA Tambahan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya