Libur Lebaran, Volume Sampah di DIY Bertambah 65 Ton

TPA Piyungan akan dibuka besok

Intinya Sih...

  • Volume sampah meningkat 65 ton selama libur Lebaran 2024 di DI Yogyakarta.
  • Peningkatan volume sampah disebabkan oleh DIY menjadi tujuan mudik dan wisata, namun tidak signifikan menurut Kusno Wibowo.
  • Operasional TPA Piyungan akan dibuka besok, namun hanya akan beroperasi 5 hari hingga 30 April 2024.

Yogyakrta, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DLHK DIY) mencatat ada kenaikan volume sampah selama libur Lebaran 2024 ini. Kenaikan sampah diperkirakan pada kisaran 65 ton pada libur Lebaran ini.

Kepala DLHK DIY, Kusno Wibowo menjelaskan dari pantauan DLHK DIY pada hari biasa, sampah yang masuk ke TPA Piyungan dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul per hari 350 ton. Menurut Kusno, di momen libur Lebaran tahun ini peningkatan volume sampah tidak signifikan.

"Liburan ini kita lihat sekitar 65 ton, akumulasi selama liburan sampai pasca-Lebaran persis," ungkap Kusno, Kamis (18/4/2024).

1. Peningkatan volume sampah karena Jogja sebagai kota tujuan mudik wisata

Libur Lebaran, Volume Sampah di DIY Bertambah 65 TonIlustrasi TPA Piyungan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Kusno mengatakan peningkatan volume sampah tidak lepas karena DIY menjadi kota tujuan untuk mudik maupun wisata pada momen Lebaran ini. Ia juga tidak menampik ada sampah di beberapa titik, meski begitu ia mengatakan masalah tersebut akan segera terselesaikan.

Dikatakan Kusno, di TPA Piyungan memang sempat ada penataan, sehingga sempat ditutup beberapa hari. Esok hari atau Jumat (19/4/2024), operasional TPA Piyungan akan kembali dibuka.

"Mulai besok menerima sampah dari kota maupun kabupaten, Jumat ini. Mudah-mudahan besok sudah normal, kalau artinya yang saat ini ada terlihat (sampah menumpuk) mungkin besok bisa diangkut ke TPA Piyungan," kata Kusno.

2. TPA Piyungan akan dibuka beberapa hari

Libur Lebaran, Volume Sampah di DIY Bertambah 65 TonIlustrasi tumpukan sampah di TPA Piyungan. (IDN Times/Daruwaskita)

Meski besok operasional TPA Piyungan mulai dibuka, namun Kusno mengatakan hingga 30 April 2024 mendatang, TPA Piyungan hanya dibuka beberapa hari saja. "Hanya saja di TPA Piyungan tidak dibuka tiap hari, sampai 30 April 2024 hanya 5 hari, sisanya penataan," jelas Kusno.

Lebih detail Kusno menjelaskan selain Jumat (19/4/2024), TPA Piyungan akan dibuka 3 hari pada minggu depan dengan waktu yang tidak berurutan. "Terakhir di tanggal 30 April 2024," ujar Kusno.

Baca Juga: Pasar Terban Akan Direvitalisasi, Pedagang Pindah ke Selter Sementara

3. Desentralisasi penuh diharap berjalan Mei

Libur Lebaran, Volume Sampah di DIY Bertambah 65 TonTPST Tamanmartani. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat disinggung kebijakan desentralisasi pengelolaan sampah, Kusno mengatakan sampai saat ini kabupaten/kota masih berproses. Disebutnya persiapan hampir selesai, dan diharapkan pada Mei sudah bisa desentralisasi secara penuh.

"Sampai saat ini kami pantau teman-teman kabupaten, kota jalan menyiapkan itu sepenuh hati. Ada agenda-agenda kegiatan ke arah sana," kata Kusno.

Baca Juga: BPBD DIY Catat 9 Laka Laut Selama Libur Lebaran 2024

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya