Lantik Pimpinan Taru Martani, Sultan Tegaskan Korupsi Jangan Terulang

Diharap pimpinan baru menumbuhkan Taru Martani

Yogyakarta, IDN Times – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kejadian korupsi di PT Taru Martani tidak terulang. Hal ini disampaikan Sri Sultan saat melantik Dewan Direksi PT Taru Martani periode 2024 – 2029, dan Komisaris Utama periode 2024 – 2028, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (9/7/2024).

“Saya sampaikan, biar bagaimanapun memperbaiki manajemen dan menumbuhkembangkan unit usahanya harus berjalan. Harapan saya kejadian-kejadian tertentu seperti kemarin (kasus korupsi di Taru Martani) tidak terulang. Komisarisnya juga punya tanggung jawab untuk pengawasan,” kata Sri Sultan.

 

 

 

 

1. Kejadian korupsi jangan terulang

Lantik Pimpinan Taru Martani, Sultan Tegaskan Korupsi Jangan TerulangGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Dok. Istimewa)

Sri Sultan menyampaikan reformasi manajerial PT. Taru Martani melalui pelantikan Komisaris Utama, Direktur Utama, serta Direktur Keuangan dan Umum, menandai awal dari sebuah babak baru. Proses seleksi sudah melalui fit and proper test, pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan kompetensi, serta penjabaran visi-misi ke dalam strategic planning dan langkah-langkah operasional.

“Saya yakin, dengan kepemimpinan manajerial yang baru seluruh jajaran PT Taru Martani semua akan menjawab ya dengan penuh keyakinan,” ujar Sri Sultan.

2. Pimpinan baru diharap segera bergerak menyempurnakan rencana strategis

Lantik Pimpinan Taru Martani, Sultan Tegaskan Korupsi Jangan TerulangPelantikan Dewan Direksi PT Taru Martani periode 2024 – 2029, dan Komisaris Utama periode 2024 – 2028, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (9/7/2024). (Dok. Istimewa)

Sultan berharap, komisaris utama dan jajaran direksi segera bergerak untuk me-review dan menyempurnakan rencana strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Upaya ini, setidaknya dapat dicapai dengan penguatan human capital, meningkatkan tata kelola sumber daya dan infrastruktur, serta pemajuan riset dan pengembangan usaha.

“Masa depan PT Taru Martani ada di tangan kita semua. Setiap tetes keringat dan semangat, akan menjadi fondasi yang kokoh, untuk nguri-uri PT. Taru Martani, seiring spirit yang terpancar dari filosofi daun sebagai sumber kehidupan,” tutup Sri Sultan.

Baca Juga: Sri Sultan Bicara Korupsi Taru Martani: Kami yang Melaporkan

3. Rencana jangka panjang segera disusun

Lantik Pimpinan Taru Martani, Sultan Tegaskan Korupsi Jangan TerulangPelantikan Dewan Direksi PT Taru Martani periode 2024 – 2029, dan Komisaris Utama periode 2024 – 2028, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (9/7/2024). (Dok. Istimewa)

Widayat Joko Priyanto, Direktur Utama PT Taru Martani terlantik mengatakan, segera menyusun rencana jangka panjang bisnis. Roadmap disusun bersama Dewan Direksi untuk 5 tahun ke depan. Roadmap akan dibreakdown setiap tahun, untuk melihat pencapaian baik dari bisnis operasional, maupun perbaikan untuk pondasi tata kelola perusahaan.

“Untuk bisnis secara umum nanti untuk produk major itu harus tetap eksis dan pemasaran harus ditingkatkan. Kemudian sesuai dengan arahan, juga akan mencoba untuk membackup khususnya komoditi pertanian, termasuk nanti peternakan juga. Nanti roadmap selama 5 tahun seperti apa akan kita segera susun,” papar Widayat.

Berkaca dari kasus yang pernah mencoreng posisi direktur utama, hal ini menjadi pelajaran untuk masa depan. Masa depan adalah tantangan yang harus diselesaikan bersama. "Target akan kita rumuskan. Setiap tahun selama 5 tahun ke depan akan kita buat rumusan pencapaian dari aspek bisnis dan finansial. Seperti apa agendanya akan segera kita fokuskan dan tentu secara umum selama 5 tahun itu harus berkembang," kata Joko.

Baca Juga: Kejati Tetapkan Dirut Pabrik Cerutu Taru Martani Tersangka Korupsi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya