KPU DIY Targetkan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten/Kota Selesai Besok

Diharapkan tidak ada sengketa

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) menargetkan tahapan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota selesai hari Kamis (29/2/2024).

"Agenda rekapitulasi tingkat kabupaten di DIY mulai kemarin ya. Kita mulai di Kulon Progo kemudian Gunungkidul mulai kemarin," kata Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi, dalam Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Kota Jogja di Hotel Tara, Rabu (28/2/2024).

1. Masing-masing kabupaten/kota ditargetkan selesai 2 hari

KPU DIY Targetkan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten/Kota Selesai BesokKetua KPU DIY, Ahmad Shidqi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Shidqi melanjutkan hari ini dimulai tahapan rekapitulasi untuk Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Bantul. Disebutnya masing-masing wilayah kabupaten/kota dapat selesai dalam dua hari.

"Saya kira dalam pleno yang kita pantau di dua kabupaten, yaitu Gunungkidul dan Kulon Progo yang kemarin relatif lancar semua. Tidak ada persoalan yang cukup berarti. Sudah sembilan Kecamatan selesai. Tinggal sisanya hari ini," kata Shidqi.

2. Sebagai tempat untuk menyelesaikan masalah

KPU DIY Targetkan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten/Kota Selesai BesokIDN Times

Shidqi menyebut rapat pleno rekapitulasi KPU tingkat kabupaten/kota, sebagai tempat untuk menyelesaikan persoalan atau keberatan. Pasalnya dalam agenda ini juga dihadiri para saksi dari kabupaten dan Bawaslu.

"Justru ini tempatnya. Ini rapat pleno yang dihadiri saksi kabupaten ada Bawaslu. Tempat untuk melakukan klarifikasi apabila ada hal yang dianggap kesalahan kekeliruan tulis dan sebagainya," kata Shidqi.

Baca Juga: KPU Yogyakarta Mulai Proses Rekapitulasi Hitung Hasil 1.298 TPS

3. Diharapkan tidak ada sengketa

KPU DIY Targetkan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten/Kota Selesai Besokilustrasi pemilu (unsplash.com/Element5 Digital)

Shidqi mengharapkan tidak ada sengketa pasca rekapitulasi, diharapkan semuanya dapat diselesaikan. "Harapannya semua persoalan selesai, di masing-masing (kabupaten/kota)," kata Shidqi.

Baca Juga: Pasca Pemilu, Caleg di Bantul Alami Gangguan Tidur

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya