Konser Serenade Bunga Bangsa Ke-9 Akan Digelar 19 Agustus 2023

Digelar di Taman Budaya Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar Konser Serenade Bunga Bangsa di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu (19/8/2023). Konser Serenade Bunga Bangsa dalam rangka publikasi dan promosi sejarah lokal.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan akan peristiwa sejarah, meningkatkan kesadaran sejarah bangsa sendiri serta menginternalisasi rasa cinta tanah air, nasionalisme, dan kebanggaan akan Indonesia bagi para pelaku yang terlibat maupun masyarakat yang hadir sebagai audiens. Bentuk kegiatan ini adalah konser orkestra," kata Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra, dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY, Budi Husada, Jumat (11/8/2023).

1. Bagian perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia

Konser Serenade Bunga Bangsa Ke-9 Akan Digelar 19 Agustus 2023Konser Serenade Bunga Bangsa #9. (Dok. Istimewa)

Konser Serenade Bunga Bangsa #9 diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia dan menyambut hari Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedua momentum bersejarah tersebut memberi napas dan semangat bagi konser ini.

"Sehingga penyelenggara mengambil tajuk Istimewa Yogyakartaku, Indonesia Maju,” ujar Budi.

2. Puluhan musisi akan terlibat

Konser Serenade Bunga Bangsa Ke-9 Akan Digelar 19 Agustus 2023Konser Serenade Bunga Bangsa. (Dok. Istimewa)

Ada lebih dari 80 musisi yang akan terlibat dalam konser ini. Konser ini menghadirkan conductor Eki Satria, Solis biola Mevlied Nahla, serta konser master Afif Ilhamzah. Ada 8 repertoar yang akan dibawakan.

Karya-karya yang dibawakan merupakan lagu bernuansa kebangsaan dan sangat tepat dibawakan untuk merayakan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia seperti 'Api Kemerdekaan', 'Hari Merdeka', dan 'Hymne Kemerdekaan', yang disajikan dalam bentuk medley dengan solis biola Mevlied Nahla. Pada konser ini akan dibawakan juga lagu 'Bersukaria' ciptaan Bung Karno.

Baca Juga: 8 Promo Makan Spesial Agustusan 2023 di Jogja, Catat Tanggalnya

3. Karya mempertegas keistimewaan juga akan dibawakan

Konser Serenade Bunga Bangsa Ke-9 Akan Digelar 19 Agustus 2023Konser Serenade Bunga Bangsa. (Dok. Istimewa)

Selain bernuansa kebangsaan, ada juga karya-karya yang mempertegas keistimewaan. Salah satu karya baru karya Eki Satria menyuarakan kepemimpinan Hamengku Buwono IX. Hal ini mengingat HB IX merupakan tokoh sentral dalam sejarah keistimewaan DIY.

Komposisi baru Vishnu Satyagraha berjudul 'Hamemayu Hayuning Bawana' menjadi respon terhadap sumbu filosofi Yogyakarta yang saat ini sedang diusulkan sebagai warisan dunia kepada UNESCO. Sedangkan, karya 'Jajan' mengekspresikan kuliner-kuliner Yogyakarta yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya tak Benda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lagu lain yang akan dibawakan adalah 'Lancaran 45' atau 'Lagon Juang Semangat 45' yang merupakan lagu yang biasanya dibawakan dengan iringan gamelan karya Presiden Soekarno dan Ki Narto Sabdo.

Undangan untuk konser ini bisa didapatkan dengan narahubung 0818-0710-0696 (Endah) dan 08122994840 (Firlie). Ikuti terus Instagram @dinaskebudayaandiy atau laman budaya.jogjaprov.go.id untuk mendapatkan info pengambilan tiket dan kabar terbaru lainnya.

Baca Juga: Morefuntastic 5 Siap Digelar di Jogja, Ada FSTVLST hingga Aldi Taher

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya