Kenalkan Nilai Adiluhung Pemkab Sleman Gelar Festival Upacara Adat 

Kenalkan upacara adat pada generasi muda

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui selenggarakan Festival Upacara Adat, Rabu (19/6/2024) di Lapangan Kantor Kapanewon Cangkringan, diikuti perwakilan 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman. 

1. Upaya mengenalkan masyarakat pada upacara adat

Kenalkan Nilai Adiluhung Pemkab Sleman Gelar Festival Upacara Adat Festival Upacara Adat 2024. (Dok. Istimewa)

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan kegiatan ini menjadi bagian usaha bersama untuk melindungi, memelihara dan melestarikan beberapa upacara adat yang ada di setiap Kapanewon. 

“Saya yakin setiap Kapanewon memiliki tradisi upacara adat yang hampir setiap tahunnya dilaksanakan di wilayah masing-masing. Sehingga ini menjadi tugas kita, bahwa upacara adat tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi bagaimana agenda ini kita kemas dalam sebuah acara festival agar upacara ini dapat dinikmati seluruh masyarakat Sleman,” ujar Danang.

 

2. Jadi media edukasi untuk anak muda

Kenalkan Nilai Adiluhung Pemkab Sleman Gelar Festival Upacara Adat Festival Upacara Adat 2024. (Dok. Istimewa)

Dilanjutkan Danang, festival upacara adat juga menjadi media edukasi bagi anak muda tentang kebudayaan lokal Sleman. Terlebih di setiap penampilan memiliki makna dan nilai-nilai kehidupan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Danang berharap, pelaksanaan festival upacara adat ini dapat dilanjutkan kembali dengan melibatkan kelompok budaya dari berbagai usia. "Sehingga pesan yang disampaikan akan lebih mudah dipahami baik oleh pemeran ataupun penonton," ungkap Danang.

Baca Juga: Sapi Kurban Terlepas, Lukai 2 Bocah di Mlati Sleman

3. Penguatan nilai kearifan lokal

Kenalkan Nilai Adiluhung Pemkab Sleman Gelar Festival Upacara Adat Festival Upacara Adat 2024. (Dok. Istimewa)

Sekretaris Dinas Kebudayaan Sleman, Arif Marwoto menyampaikan, festival upacara adat dilaksanakan untuk penguatan nilai kearifan lokal pada semua usia. “Bentuk kegiatan ini berupa penampilan berbagai upacara adat yang ada di Sleman dalam bentuk arak-arakan dan penampilan di depan dewan juri,” jelas Arif

Festival yang dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 19-20 Juli 2024, dinilai oleh dewan juri yang merupakan seniman dan budayawan lokal. Ia mengajak seluruh masyarakat Sleman untuk menikmati festival ini secara langsung di halaman Kapanewon Cangkringan ataupun melalui kanal YouTube Kundha Kabudayan Sleman.

Baca Juga: PSS Sleman Bakal Naikkan 2 Kali Lipat Nilai Belanja Pemain dan Pelatih

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya