Kemenkominfo Gencarkan Edukasi Literasi Digital pada Generasi Muda

Literasi digital menyasar murid SMA sebagai pengguna aktif

Bantul, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggencarkan literasi digital kepada masyarakat, utamanya bagi generasi muda. 

Saat ini penggunaan sosial media dalam berkomunikasi menjadi hal yang sifatnya wajib, untuk itu perlu ditanamkan sedini mungkin etika kebebasan di dalam bersosial media

1. Etika jadi hal penting dalam menggunakan medsos

Kemenkominfo Gencarkan Edukasi Literasi Digital pada Generasi MudaIlustrasi medsos. Freepik

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta Kementrian Kominfo RI, Anton Susanto menyebut saat berpendapat, terdapat batasan dan pertimbangan, karena tiap negara memiliki kebudayaan, pandangan, dan kebiasaan yang berbeda-beda.

 

2. Literasi digital menyasar anak SMA sebagai pengguna internet aktif

Kemenkominfo Gencarkan Edukasi Literasi Digital pada Generasi Mudailustrasi pelajar SMA (pexels.com/Wasio Kadir)

Menurutnya literasi digital yang menyasar siswa SMA, sebagai pengguna internet paling aktif, wajib beretika. "Etika bebas berpendapat ini perlu di sosialisasikan keseluruh lapisan masyarakat dan disosialisasikan sedini mungkin mengingat banyaknya pertumbuhan pengguna internet di negara ini," ungkap Anton, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga: Deretan Nama Pemberi Gratifikasi Eks Kepala Bea Cukai Jogja Rp23,5 M

3. Etika menggunakan media sosial harus ditanamkan sedini mungkin

Kemenkominfo Gencarkan Edukasi Literasi Digital pada Generasi Mudailustrasi seseorang diskusi (freepik.com/freepik)

Dikatakan Anton, menciptakan dunia digital yang beretika maka pelaksanaan edukasi mengenai literasi digital harus dilakukan sedini mungkin khususnya sasaran pengguna usia muda. Hal tersebut dilakukan demi menciptakan generasi yang cakap dan cerdas dalam menyikapi perkembangan dunia yang semakin hari semakin maju. Program Gerakan Nasional Literasi Digital Indonesia 2020-2024 wajib dilaksanakan sebaik mungkin dan tepat sasaran.

 "Perkembangan teknologi mendorong pergeseran, nilai-nilai luhur dalam berperilaku masyarakat. Oleh karena itu program literasi digital bertemakan etika pelajar di dunia digital menjadi tepat dilakukan, apalagi dengan menyasar anak-anak SMA," kata Anton.

Baca Juga: 1 Pelajar Bikin Rusuh Saat Konvoi Kelulusan di Jogja Konsumsi Pil Sapi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya