KAWS: HOLIDAY Dongkrak Kunjungan Wisatawan Muda di Candi Prambanan

Semakin memperkuat daya tarik Candi Prambanan

Sleman, IDN Times - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mencatat kenaikan angka kunjungan wisatawan selama gelaran seni instalasi kontemporer KAWS:HOLIDAY di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan pada tanggal 19 - 31 Agustus 2023. Kenaikan kunjungan mencapai 107,29 persen dibandingkan tanggal 1–18 Agustus 2023.

Kunjungan rata-rata per hari sebesar 9.062 wisatawan. Sementara jumlah tertinggi tercatat pada hari Minggu, 27 Agustus 2023, sebanyak 18.272 wisatawan. Angka kunjungan total destinasi Candi Prambanan selama periode 19 - 31 Agustus 2023 sebesar 117.808 wisatawan.

1. Tarik minat wisatawan muda

KAWS: HOLIDAY Dongkrak Kunjungan Wisatawan Muda di Candi PrambananKAWS:HOLIDAY di Candi Prambanan. (Dok. Istimewa)

Karya seni instalasi seniman kontemporer dari Amerika Serikat yaitu Brian Donnelly berhasil memikat wisatawan, terutama dari kalangan milenial untuk berkunjung ke destinasi wisata Warisan Budaya Dunia versi UNESCO ini. Hal tersebut menjadi angin segar untuk mereaktualisasi destinasi wisata cagar budaya dan sejarah menjadi destinasi yang lebih bisa diterima oleh banyak kalangan tanpa mengurangi nilai sakral dan keluhurannya.

Direktur Utama TWC, Febrina Intan mengatakan KAWS:HOLIDAY di Taman Wisata Candi Prambanan menambah daya tarik baru wisatawan untuk berkunjung. "Kehadiran wisatawan usia muda ini mengaktivasi destinasi, sehingga mendongkrak angka kunjungan serta mendorong peningkatan perekonomian sekitar," ujar Febrina, Jumat (1/9/2023).

2. Hadirkan representasi karya seni dari dua peradaban berbeda

KAWS: HOLIDAY Dongkrak Kunjungan Wisatawan Muda di Candi PrambananKAWS:HOLIDAY di Candi Prambanan. (Dok. Istimewa)

Febrina menyebut peningkatan kunjungan ini diluar prediksi pihak PT TWC. "Bahkan seni instalasi modern ini bisa turut mendongkrak kunjungan wisatawan, terutama wisatawan usia muda. Mereka mengabarkan lewat sosial media masing-masing, sehingga memancing netizen beramai-ramai berkunjung ke sini,” jelas Febrina Intan.

Selain itu, Febrina Intan juga menyoroti adanya kolaborasi unik antara KAWS:HOLIDAY Organized by AllRightsReserved dengan Candi Prambanan. Representasi dua karya seni dari dua peradaban yang berbeda ini justru menjadi atraksi yang istimewa serta tiada duanya di dunia.

Kehadiran wisatawan usia muda di destinasi Candi Prambanan, menurut Febrina Intan menghadirkan harapan baru untuk mengenalkan lebih dalam mengenai Warisan Cagar Budaya Dunia kepada anak muda. Diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran untuk lebih mencintai peninggalan budaya bangsa Indonesia.

“Ini merupakan kombinasi yang luar biasa antara seni instalasi kontemporer serta Mahakarya Warisan Budaya Dunia, menghadirkan perpaduan unik yang menjadi magnet baru, untuk mendatangkan pengunjung yang lebih relevan, terutama pengunjung usia muda. Mereka bisa lebih aware dengan kekayaan budaya sendiri. Hal ini yang perlu menjadi sorotan utama dalam pameran ini,” terangnya

Baca Juga: Karyanya Fenomenal, Profil KAWS Seniman Idola Anak Muda 

3. Semakin memperkuat daya tarik Candi Prambanan

KAWS: HOLIDAY Dongkrak Kunjungan Wisatawan Muda di Candi Prambananpotret KAWS Holiday di Prambanan (instagram.com/kaws)

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Dony Oskaria sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya dan juga induk perusahaan dari TWC mengapresiasi penyelenggaraan event ini. Candi Prambanan sebagai salah satu ikon pariwisata heritage dirasa akan semakin menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Tentunya hal ini akan menambah value serta memperkuat daya tarik candi.

“Tentu kita berharap event seperti ini terus berlanjut dan semakin beragam sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan baik domestik dan mancanegara. Maraknya event seperti ini, tentu Candi Prambanan akan menjadi roda penggerak sektor ekonomi dan memberikan kontribusi positif khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah,” ungkap Dony.

Baca Juga: Raline Shah dan Dian Sastro Melihat Patung Raksasa KAWS di Prambanan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya