Kata Sultan dan Sekda DIY Soal Bekas Tambang Jadi Tempat Buang Sampah

Warga diminta ikut awasi pembuangan sampah

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan tidak ada lagi lahan bekas tambang yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, seperti yang terjadi di Giring, Paliyan, Gunungkidul. Sampah yang sempat dibuang di lahan bekas tambang tersebut diduga dari kabupaten lain di DIY.

"Saya kemarin di Gunungkidul, mereka sudah mengatakan tidak boleh (buang sampah di lokasi bekas tambang). Sudah diputus gitu," ujar Sri Sultan, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (7/5/2024).

1. Kerja sama antar daerah untuk mengelola sampah

Kata Sultan dan Sekda DIY Soal Bekas Tambang Jadi Tempat Buang SampahSekretaris Daerah (Sekda) DIY, Beny Suharsono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Beny Suharsono mengatakan salah satu upaya penanganan masalah sampah bisa dilakukan dengan kerja sama antar daerah. Beny menegaskan kerja sama yang dimaksud bukan untuk membuang sampah di daerah lain.

"Tapi kan kerja sama antar daerah tidak buang sampah, tetapi kerja sama mengelola sampah. Kalau ada kejadian misal malam atau dini hari ke sana ya nggak boleh, harus dilakukan kerja sama antara daerah pengelolaan sampah. Kita ingin sampah itu tidak dibuang, tapi diolah," ujar Beny.

2. Masyarakat ambil peran awasi pembuang sampah sembarangan

Kata Sultan dan Sekda DIY Soal Bekas Tambang Jadi Tempat Buang SampahIlustrasi sampah (IDN Times/Cokie Sutrisno)

Beny menyebut pengawasan untuk mengantisipasi pembuangan sampah sembarangan harus dilakukan semua pihak, tidak hanya oleh petugas. "Tidak hanya pengawasan Satpol PP, kan personelnya terbatas. Pengawasan kita semua," ucap Beny.

Beny mencontohkan seperti halnya saat masa liburan, jika ada parkir nuthuk, harga melambung tinggi, masyarakat bisa memotret dan melaporkan, begitu pula dalam masalah sampah. "Kan kita punya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), dan e-lapor," ucap Beny.

Baca Juga: Dinpar DIY Tunggu Kemenhub Tambah Direct Flight Luar Negeri di YIA

3. Masalah pembuangan sampah di bekas tambang sudah selesai

Kata Sultan dan Sekda DIY Soal Bekas Tambang Jadi Tempat Buang SampahWakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto(Kanan).(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto ditemui di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, enggan memberi banyak komentar. Dirinya hanya mengatakan bahwa permasalahan yang muncul di Gunungkidul tersebut sudah selesai. "Sudah ya, sudah clear," ucap Heri singkat.

Baca Juga: Bursa Pilwakot Kota Yogyakarta: Putri Amien Rais hingga Pj Wali Kota

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya