Kapolda DIY: Belum Ada Laporan Pungli saat Libur Lebaran 2024

Arus lalu lintas cukup lancar, kriminalitas turun

Intinya Sih...

  • Belum ada laporan pungutan liar (pungli) selama libur Lebaran tahun 2024 di DIY.
  • Data pengamanan dan arus lalu lintas akan dikumpulkan untuk evaluasi setelah Operasi Ketupat Progo 2024 berakhir.
  • Situasi pengamanan kondusif, dengan kenaikan arus lalu lintas hanya terjadi di beberapa tempat tertentu, sementara kriminalitas turun dibanding tahun sebelumnya.

Yogyakarta, IDN Times - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, mengaku belum menerima laporan pungutan liar (pungli) selama Libur Lebaran tahun 2024. Meski begitu, jika ada biasanya ditindak dengan cepat.

"Belum (belum ada laporan), karena kalau pun ada diselesaikan wilayah, nanti dilaporkan anev. Sampai saat ini kita tidak menerima laporan (pungli) tersebut," ucap Irjen Pol. Suwondo, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (16/4/2024).

1. Pihak kepolisian akan melakukan evaluasi setelah operasi Progo

Kapolda DIY: Belum Ada Laporan Pungli saat Libur Lebaran 2024Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2024. (Dok. Polres Bantul)

Irjen Pol. Suwondo menyebut nantinya data yang masuk akan dikumpulkan semua. Termasuk pengamanan, lalu lintas masyarakat. Saat ini dikatakannya pihak kepolisian fokus pada tindakan cepat.

"Tindakan cepat dulu untuk bisa segera berjalan. Selesai operasi baru kita bahas. Operasi Ketupat Progo 2024 berakhir nanti malam 24.00 WIB, baru evaluasi, detail angka dan sebagainya," ungkap Irjen Pol. Suwondo.

2. Kepadatan arus lalu lintas di objek wisata

Kapolda DIY: Belum Ada Laporan Pungli saat Libur Lebaran 2024Malioboro (unsplash.com/Agto Nugroho)

Irjen Pol. Suwondo mengatakan secara umum pengamatan situasi pengamaman selama libur Lebaran ini berjalan kondusif. Arus lalu lintas mengalami kenaikan pada hari kedua setelah Lebaran. "Di situ hanya beberapa saat di sekitar Malioboro dan Km 0, namun di tempat lain relatif lancar," kata Irjen Pol. Suwondo.

Bahkan di salah satu jalan utama dari arah Tempel, Sleman, pengendara yang masuk dari Magelang, Jawa Tengah, diminta untuk mengurangi kecepatan. "Mungkin berangkat dari macet, melihat jalan lancar, mereka saya lihat kecepatan agak tinggi. Kita merubah taruh personel untuk menurunkan kecepatan," ujarnya.

Baca Juga: PHRI DIY Ungkap Penyebab Turunnya Okupansi Hotel di Libur Lebaran 

3. Angka kriminalitas disebut turun

Kapolda DIY: Belum Ada Laporan Pungli saat Libur Lebaran 2024ilustrasi investigasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait kriminalitas, Irjen Pol. Suwondo mengatakan sampai dengan saat ini tidak ada peristiwa yang menonjol. Untuk angka kriminalitas disebut juga menurun jika dibanding tahun 2023, meski begitu dia belum bisa mengungkapkan secara detail.

"Detail lengkapnya belum bisa sekarang, karena operasi belum selesai. Nanti malam selesainya, pagi kita melaksanakan evaluasi untuk temuan apa, dan menyiapkan tahun depan," ujar Irjen Pol. Suwondo.

Baca Juga: Ingin Salaman dengan Sri Sultan Ribuan Warga Rela Antre di Open House

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya