KAI Daop 6 Tambah 8 Kereta Jarak Jauh Selama Angkutan Lebaran

Penumpang hingga ratusan ribu saat angkutan lebaran

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menambah 8 kereta api jarak jauh tambahan selama masa angkutan Lebaran 31 Maret - 21 April 2024. Selain itu ada tambahan untuk commuterline dan prameks.

Penambahan perjalanan kereta ini untuk memfasilitasi lonjakan penumpang yang diperkirakan terjadi pada masa angkutan Lebaran.

1. Tambahan kereta api di Daop 6

KAI Daop 6 Tambah 8 Kereta Jarak Jauh Selama Angkutan LebaranIlustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Kepala KAI Daop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo mengatakan KA Tambahan Jarak Jauh terdapat delapan kereta api. Ia merinci kereta tersebut adalah KA Manahan (Solo - Gambir) sebanyak tiga kereta, KA Tatsaka (Jogja - Gambir) dua kereta. Selanjutnya KA Sancaka (Jogja - Surabaya) satu kereta, dan KA Lodaya (Solo - Bandung) dua kereta.

Bambang menyebut masa angkutan Lebaran terdapat tambahan untuk kereta api lokal commuterline atau KRL, dari yang biasanya 24 kereta api, momen liburan menjadi 30 kereta per harinya. Sementara Prameks juga ditambah dari yang biasanya operasional delapan kereta setiap hari, menjadi 12.

"Intinya Daop 6 siap memberikan layanan untuk teman-teman kita, saudara kita yang ke Jogja, dengan menyiapkan keselamatan layanan," ujar Bambang.

2. Jumlah penumpang sementara

KAI Daop 6 Tambah 8 Kereta Jarak Jauh Selama Angkutan LebaranIlustrasi kereta api (KA). (dok. KAI)

Berdasarkan data sementara KAI Daop 6 hingga Jumat (5/4/2024) pagi, jumlah penumpang naik dari stasiun yang berada di Daop 6 total 324.600 penumpang. Untuk jumlah penumpang tertinggi pada Minggu (14/4/2024) sebanyak 20.647 penumpang.

Untuk penumpang turun dengan kereta jarak jauh di stasiun yang berada di Daop 6, total sebanyak 293.451 penumpang. Jumlah penumpang tertinggi pada Jumat (5/4/2024) sebanyak 19.884 penumpang.

Baca Juga: Jumlah Keterisian Buka Bersama di Hotel Jogja Menurun, Ini Penyebabnya

3. Persiapan posko angkutan Lebaran 2024

KAI Daop 6 Tambah 8 Kereta Jarak Jauh Selama Angkutan LebaranPembukaan Posko Angkutan Lebaran 2024 PT KAI Daop 6. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, PT KAI Daop 6 membentuk Posko Angkutan Lebaran 2024 pada 5 - 16 April 2024. Posko untuk memastikan kelancaran angkutan kereta api di masa libur Lebaran.

"Dari KAI Daop 6 menyiapkan SDM, sarana prasarana, sebelum masa angkutan lebaran juga sudah dilakukan ramp check. Semua yang harus diperbaiki, sudah diperbaiki," ujar Bambang.

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Diklaim Aman Dilalui saat Mudik 2024

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya