KA Sancaka Jogja - Surabaya Sempat Berhenti, Ini Penjelasan KAI 

Perjalanan kereta terlambat 104 menit  

Yogyakarta, IDN Times - Viral di media sosial mengenai KA Sancaka, dari arah Jogja menuju Stasiun Gubeng Surabaya macet di Stasiun Masaran Sragen, Rabu (10/1/2024) malam. Berhentinya kereta selama kurang lebih 1 jam, disebut disebabkan adanya gangguan pengereman kereta.

"KA Sancaka dari Jogja arah Gubeng Surabaya macet di Stasiun Masaran Sragen, kebetulan saya jadi penumpang. saat ini masih dalam perbaikan rem, biar KAI melakukan evaluasi dan tanggung jawab atas penumpangnya, agar tidak terulang lagi kejadian seperti ini," tulis salah satu warganet di akun @merapi_uncover.

1. Kereta berhenti luar biasa

KA Sancaka Jogja - Surabaya Sempat Berhenti, Ini Penjelasan KAI Ilustrasi Stasiun Kereta (IDN Times/Mardya Shakti)

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro membenarkan pada Rabu (10/1/2024) pukul 18.15 WIB, KA Sancaka dilaporkan terindikasi mengalami gangguan pengereman saat melewati Stasiun Kemiri, Karanganyar. Kejadian terjadi pada kereta paling belakang, sehingga harus Berhenti Luar Biasa (BLB).

"Mengetahui hal itu, Teknik KA koordinasi dengan masinis untuk melakukan Berhenti Luar Biasa, tepatnya di km 247+7 jalur hulu antara Kemiri-Masaran, guna pengecekan rangkaian," kata Krisbiyantoro.

2. Ambil tindakan di stasiun terdekat

KA Sancaka Jogja - Surabaya Sempat Berhenti, Ini Penjelasan KAI Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Krisbiyantoro menyebut setelah pengecekan, ditemukan rangkaian paling belakang mengalami gangguan pengereman. Selanjutnya diambil tindakan darurat untuk bisa sampai di stasiun terdekat dengan aman.

"Kurang lebih 17 menit untuk pengecekan dan KA berangkat kembali," ujar Krisbiyantoro.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Murah sekitar Stasiun Tugu Jogja Harga Mulai Rp3 Ribuan

3. Kereta diperbaiki di Stasiun Masaran

KA Sancaka Jogja - Surabaya Sempat Berhenti, Ini Penjelasan KAI Ilustrasi Kereta (IDN Times/Sukma Shakti)

Krisbiyantoro mengungkapkan, sesampainya di Stasiun Masaran pukul 18.44 WIB, rangkaian kereta diperbaiki kembali. Kurang lebih satu jam perbaikan, KA Sancaka dapat berangkat pada pukul 20.02 WIB dengan kelambatan 104 menit.

"Di Stasiun Madiun rencana akan dilakukan penggantian suku cadang pengereman pada kereta tersebut," kata Krisbiyantoro.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata dekat Stasiun Lempuyangan, Paket Lengkap Tempat Piknik

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya