KA Argo Dwipangga Tampil Mewah, Fasilitas Manjakan Penumpang

Berbagai fasilitas dari keamanan hingga tempat charging

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan PP menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation dimulai Rabu (13/12/2023).

Kereta New Generation merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 sampai dengan 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru. "Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk kereta api lainnya secara bertahap," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6, Krisbiyantoro, Rabu (13/12/2023).

1. Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation

KA Argo Dwipangga Tampil Mewah, Fasilitas Manjakan PenumpangKA Argo Dwipangga. (Dok. Istimewa)

Krisbiyantoro menerangkan keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. "Hal ini semakin memudahkan pelanggan membuka atau menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap," terang Krisbiyantoro. 

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

2. Tingkat keamanan dan tambahan fasilitas pengisian daya

KA Argo Dwipangga Tampil Mewah, Fasilitas Manjakan PenumpangKA Argo Dwipangga. (Dok. Istimewa)

Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation diupgrade menjadi tempered double glass, sehingga tingkat keamanan lebih tinggi mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan menambah daya ponsel pelanggan, KAI memberikan USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch tanpa khawatir kehabisan daya.

Baca Juga: Tiket KA Keberangkatan dari Jogja saat Libur Nataru Masih Tersedia

3. Penambahan toilet hingga kereta makan yang diperbarui

KA Argo Dwipangga Tampil Mewah, Fasilitas Manjakan PenumpangKA Argo Dwipangga. (Dok. Istimewa)

Krisbiyantoro menyebut keunggulan lainnya adalah penambahan toilet dari satu toilet menjadi dua yang dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita.

Sementara kereta makan di rangkaian New Generation ini turut diperbarui lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Kereta Makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di Kereta Makan.

"Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api," ujar Krisbiyantoro.

Baca Juga: Dinpar DIY Lakukan Riksa Uji, Pastikan Destinasi Wisata di Jogja Aman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya