Jumlah Kunjungan ke Taman Pintar Naik hingga 1.000 Orang per Hari 

Alat peraga baru dihadirkan saat libur Lebaran

Yogyakarta, IDN Times - Kunjungan wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta meningkat saat momen libur Lebaran 2024 dibanding tahun lalu. Peningkatan kunjungan per harinya hampir mencapai 1.000 orang.

"Hitungan mulai dari H+2 Lebaran, jika tahun lalu rata-rata sebanyak 2.172 pengunjung per hari, tahun ini mencapai angka 3.137 kunjungan. Seperti momen Lebaran sebelumnya, pengunjung didominasi rombongan keluarga dari luar kota," ujar Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta, Karmila, Rabu (17/4/2024).

1. Dua peraga baru dihadirkan di Taman Pintar

Jumlah Kunjungan ke Taman Pintar Naik hingga 1.000 Orang per Hari Ilustrasi kunjungan di Taman Pintar Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Mila menjelaskan pada momen libur Lebaran 2024, Taman Pintar memiliki dua peraga baru, yaitu peraga multimedia berupa Videobooth 360 derajat dan peraga manual pump yang berada di Kampung Kerajinan.

"Peraga manual pump mengedukasi pengunjung tentang teknik pompa air manual yang dapat dicoba dengan memindahkan air melalui pompa dari satu titik ke titik yang lain menggunakan tekanan kaki seperti gerakan melangkah. Sedangkan Videobooth 360 dapat dinikmati hanya dengan biaya Rp15.000," jelasnya.

2. Kenaikan harga tiket tidak surutkan minat

Jumlah Kunjungan ke Taman Pintar Naik hingga 1.000 Orang per Hari Ilustrasi kunjungan di Taman Pintar Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Mila menambahkan, sejak awal tahun 2024 diberlakukan harga tiket masuk baru sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2023. Terdapat belasan wahana yang berada di dalam Taman Pintar, masing-masing harganya naik 3 persen.

"Misalnya tiket masuk gedung oval kotak, semula dibanderol Rp12 ribu untuk anak dan Rp20 ribu untuk dewasa, kini berubah menjadi Rp14 ribu untuk anak, dan Rp24 ribu untuk dewasa. Kemudian ada wahana program kreativitas seperti kreasi batik yang semula Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu. Kreasi gambar semula Rp13 ribu jadi Rp15 ribu, dan berbagai wahana lainnya," jelas Mila.

Meski harga tiket masuk mengalami sedikit kenaikan, menurut Mila tidak menyurutkan minat untuk mengunjungi Taman Pintar. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah kunjungan yang terus mengalami kenaikan.

"Penerapan tarif baru ini tidak berpengaruh pada kunjungan, masyarakat tetap antusias. Taman Pintar akan terus berinovasi memberikan layanan dan wisata edukasi terbaik serta menarik bagi pengunjug. Termasuk dengan rencana tahun ini untuk peremajaan planetarium system dan pengembangan dome area di gedung oval kotak untuk menampilkan suasana baru bagi pengunjung," tambahnya.

Baca Juga: Taman Pintar Yogyakarta Siapkan 2 Wahana Baru Temani Libur Lebaran

3. Pengelolaan penyebaran destinasi wisata

Jumlah Kunjungan ke Taman Pintar Naik hingga 1.000 Orang per Hari Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kenaikan jumlah pengunjunh tak hanya terjadi di Taman Pintar, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan, sepanjang libur Lebaran Kawasan Gumaton atau Tugu, Malioboro dan Keraton dipadati para wisatawan hampir di sepanjang hari utamanya saat malam hari. Menurutnya penyebaran destinasi wisata menjadi hal penting tidak terjadi kepadatan hanya di satu kawasan saja.

"Ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kota Yogyakarta selain Kawasan Malioboro. Misalnya wisata edukasi di Taman Pintar, wisata kuliner di Pasar Prawirotaman, 25 kampung wisata yang punya daya tariknya tersendiri, juga destinasi wisata budaya dan sejarah lainnya," terang Singgih.  

"Penyebaran dari destinasi wisata yang bisa dinikmati wisatawan ini harus dikelola dengan baik. Bukan artinya dipecah, tapi dikelola supaya kepadatan itu tidak anya terjadi di satu titik saja. Jadi semua potensi destinasi itu bisa dikunjungi dan akan semakin berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta," pungkas Singgih. 

Baca Juga: Libur Lebaran, Volume Kendaraan di Kota Yogyakarta Melebihi Prediksi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya