Jumlah Hewan Kurban di Sleman Turun Tahun Ini Imbas PMK

Masih adanya penyakit mulut dan kuku jadi penyebab

Sleman, IDN Times - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman mencatat penurunan jumlah hewan kurban pada tahun 2023 jika dibandingkan tahun sebelumnya. Turunnya jumlah hewan kurban yang dipotong, salah satunya karena masih adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Diketahui total jumlah ternak yang dipotong 23.416 ekor. Dengan rincian jumlah ternak sapi yang dipotong 9.201 ekor, jumlah kambing yang dipotong 2.513 ekor, dan jumlah domba yang dipotong 11.702.

1. Penurunan jumlah hewan kurban

Jumlah Hewan Kurban di Sleman Turun Tahun Ini Imbas PMKSuasana Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Selasa (20/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Penurunan jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak 6,21 persen atau 1.552 ekor. Penurunan terbanyak pada ternak sapi turun 9 persen. Sedangkan untuk ternak kambing yang dipotong mengalami kenaikan sebanyak 2,74 persen.

"Penurunan jumlah pemotongan ternak pada tahun ini disebabkan karena masih adanya kasus Penyakit Mulut dan Kuku," Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Suparmono, Selasa (4/7/2023).

2. Rangkaian pemantauan untuk kurban

Jumlah Hewan Kurban di Sleman Turun Tahun Ini Imbas PMKSuasana Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Selasa (20/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Rangkaian giat pelaksanaan pemantauan, pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban telah dilaksanakan sejak akhir bulan Mei 2023. Kegiatan dilakukan mulai dari persiapan sarana prasarana, sosialisasi panduan pemotongan, pemantauan ketersediaan hewan kurban, pemeriksaan ante mortem sampai dengan pengawasan dan pemeriksaan post mortem.

Rangkaian kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat memperoleh keabsahan hewan kurban sesuai syariat agama sekaligus dapat berbagi rezeki berupa daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Kegiatan ini melibatkan personel sejumlah 343 orang, yang terdiri dari petugas dinas 163 orang, kader kesehatan hewan 83 orang, mahasiswa FKH 41 orang, dokter hewan praktik mandiri 31 orang, dan takmir yang sudah terlatih 25 orang.

Baca Juga: Bupati Sleman dan Baznas Serahkan Bantuan Hewan Kurban

3. Pemantauan para penjual hewan kurban

Jumlah Hewan Kurban di Sleman Turun Tahun Ini Imbas PMKSuasana Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Selasa (20/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kegiatan persiapan dimulai dengan pemantauan pasar hewan kurban atau pasar tiban (di kandang kelompok, dipinggir jalan dan pedagang/perseorangan). Dilaksanakan dari 5–27 Juni 2023 dengan hasil jumlah titik pemantauan pasar hewan kurban sebanyak 200 titik yang terdiri dari kandang kelompok 68 lokasi, pinggir jalan 5 lokasi dan pedagang atau perseorangan 127 lokasi.

Sedangkan jumlah ternak yang terpantau sebanyak 3.716 ekor dengan rincian sapi 2.164 ekor, domba 1.366 ekor dan kambing ada 186 ekor. Dibandingkan tahun 2022 data pemantauan pasar hewan kurban turun sebanyak 43,3 persen dan jumlah hewan kurban turun 42,22 persen.

Baca Juga: Viral, Sapi Kurban di Tajem Sleman Kabur dan Tercebur di Bendungan 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya