Jalur Semin dan Rongkop Gunungkidul, Jadi Jalan Alternarif Pemudik

Arus mudik lebih baik dibanding tahun sebelumnya

Yogyakarta, IDN Times - Jalan di wilayah Semin dan Rongkop, Gunungkidul disebut menjadi pilihan para pemudik untuk masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada arus mudik tahun ini. Jalan tersebut menjadi pemecah kepadatan yang terjadi di jalur utama.

Jalur ini diambil oleh masyarakat saat arus mudik, selain jalur di Prambanan dan Tempel yang terletak di Kabupaten Sleman. "(Pemudik) malah cenderung menggunakan jalan baru di Semin. Orang terpecah di Semin, di Rongkop juga lumayan," ujar Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol. Alfian Nurrizal, Senin (8/4/2024).

1. Jalur Tempel dan Prambanan agak landai

Jalur Semin dan Rongkop Gunungkidul, Jadi Jalan Alternarif Pemudikilustrasi Gunungkidul (Google maps)

Kombes Pol. Alfian mengatakan, pada Senin (8/4/2024) hingga siang hari, jumlah kendaraan masuk 20.334 kendaraan, sementara kendaraan keluar 19.719. "Tertinggi di Tempel dan Prambanan. Tempel sebanyak 8.019 kendaraan, di Prambanan kendaraan masuk 3.491," ujar Kombes Pol. Alfian.

Sementara untuk jalan di Semin, sebanyak 1.830 kendaraan masuk melalui jalan tersebut, ditambah 969 kendaraan melalui Rongkop. "Itu jalur JJLS artinya sekarang kenapa kok Tempel, Prambanan lengang. Saya lihat Semin, Rongkop menjadi pemecah arus, sehingga agak landai," kata dia.

2. Ratusan ribu kendaraan masuk DIY

Jalur Semin dan Rongkop Gunungkidul, Jadi Jalan Alternarif PemudikIlustrasi pemudik di wilayah Prambanan, Senin (8/4/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kombes Pol. Alfian menambahkan, sejak Kamis (4/4/2024) hingga Senin (8/4/2024) siang, total kendaraan masuk ke DIY sebanyak 366.441. Sementara jumlah kendaraan yang keluar 269.459 kendaraan.

Saat disinggung pengaturan arus lalu lintas, Alfian menjawab adanya jalur alternatif di Gunungkidul tersebut cukup membantu. "Sebenarnya, arusnya hari keempat dan kelima ini menjadi puncaknya, karena terbagi Rongkop, Semin memecah arus, gak begitu banyak," jelasnya. 

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Hemat Perjalanan Mudik 25 Menit

3. Arus mudik lebih baik dibanding tahun sebelumnya

Jalur Semin dan Rongkop Gunungkidul, Jadi Jalan Alternarif PemudikTugu Yogyakarta (jauzax/Unsplash)

Kombes Pol. Alfian menilai arus lalu lintas pada arus mudik Lebaran kali ini cenderung lebih baik. "Artinya sudah mempersiapkan diri dengan JJLS, Rongkop, Semin memecah arus. Layanan transportasi sangat baik, suasana wilayah Jogja lengang," kata Kombes Pol. Alfian.

Baca Juga: Kemenag Pantau Hilal 1445 H dari 4 Lokasi di Jogja 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya