Ini Rincian TPS Potensi Pemungutan Suara Ulang dan PSL di DIY

Keputusan ada di KPU

Yogyakarta, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta (Bawaslu DIY) mencatat ada 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berpotensi menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)/ Pemungutan Suara Lanjutan (PSL). TPS di Kabupaten Sleman menjadi yang terbanyak.

"Kita sudah keluarkan Saran Perbaikan berupa PSU atau PSL atas indikasi pelanggaran yang terjadi. Keputusan atas tindak lanjut ada di KPU dan jajarannya," jelas Ketua Bawaslu DIY, Mohammad Najib, Senin (19/2/2024).

1. PSU dan PSL di Sleman

Ini Rincian TPS Potensi Pemungutan Suara Ulang dan PSL di DIYFoto Tempat Pemungutan Suara (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Najib merinci saran perbaikan yang ada untuk Kabupaten Sleman ada di TPS 29 Tegaltirto, Berbah Sleman (PSU), di TPS 12 Tegaltirto, Berbah Sleman (PSU), TPS 126 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Sleman (PSU). Lalu, di TPS 125 Condongcatur Depok Sleman (PSU). 

TPS 26 Sidoarum, Godean Sleman (PSU). TPS 26 Tridadi, Sleman (PSU). TPS 01 Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Sleman (PSU). TPS 02 Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Sleman (PSU). TPS 16 Tirtomartani, Kalasan (PSL). TPS 32 Tirtomartani, Kalasan (PSL). TPS 029 Tirtomartani Kalasan, Sleman (PSL).

2. Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta

Ini Rincian TPS Potensi Pemungutan Suara Ulang dan PSL di DIYIlustrasi pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu untuk Kabupaten Bantul ada di TPS 3 Tirtonirmolo (PSU). TPS 34 Tamanan Banguntapan (PSU), TPS 69 Banguntapan (PSU). TPS 16 Nglengis, Sitimulyo Piyungan (PSU). TPS 009 Srimartani, Piyungan (PSU).

"Kota Yogyakarta, TPS 901/902 Lapas Wirogunan, Pakualaman (PSU). Sementara di Kulon Progo dan Gunungkidul tidak ada," ujar Najib.

Baca Juga: Bawaslu DIY: Belasan TPS Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

3. Tindak lanjut KPU DIY

Ini Rincian TPS Potensi Pemungutan Suara Ulang dan PSL di DIYilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Najib menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU DIY Minggu (18/2/2024) dan dirasa KPU DIY kooperatif. Dalam artian akan melaksanakan saran perbaikan yang disampaikan.

"Karena mereka juga punya data terkait potensi PSU itu. Sepertinya sebagian besar sudah sesuai dengan temuannya KPU, sehingga sepertinya mau ada tindak lanjut," kata Najib.

Baca Juga: Sehari Pasca Pemilu, 4 Penyelenggara Pemilu di Bantul Dibawa ke RS

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya