Ini Peran PT Pertamina Patra Niaga Menurut KGPAA Mangkunegara X

Dukung puluhan ribu mitra binaan

Solo, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga tidak hanya menjalankan bisnis semata, tetapi juga memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Penilaian itu disampaikan KGPAA Mangkunegara X dalam Leader's Media Forum Nongkrong Bareng Pertamina Sustainability Series, di Pracima West Park & garden, Jumat (23/2/2024).
Menurut KGPAA Mangkunegara X manfaat kepada masyarakat itu ditunjukan PT Pertamina Patra Niaga dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"PT Pertamina Patra Niaga menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan CSRnya (Corporate Social Responsibility). Ada SDGs (Sustainable Development Goals/ tujuan pembangunan berkelanjutan). Sangat luar biasa menurut saya," ujar KGPAA Mangkunegara X.

1. Tidak hanya menyalurkan energi tapi beri manfaat lebih ke masyarakat

Ini Peran PT Pertamina Patra Niaga Menurut KGPAA Mangkunegara XVP Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Petrus Ginting. (Dok. Istimewa)

VP Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Petrus Ginting mengatakan PT Pertamina Patra Niaga dapat dikatakan paling dekat dengan masyarakat, pasalnya PT Pertamina Patra Niaga menjadi penyalur energi bagi masyarakat. Meski begitu, tidak hanya itu PT Pertamina Patra Niaga juga berusaha memberi manfaat lain dengan mendukung SDGs dan mendukung pemberdayaan masyarakat.

"Mungkin ini yang paling dekat dengan masyarakat PT Pertamina Patra Niaga, menyalurkan energi, BBM, LPG yang itu tentunya sangat terkait erat dengan masyarakat. Selain menyalurkan BBM, kami punya TJSL juga. Harapannya kehadiran PT Pertamina Patra Niaga juga bisa dirasakan masyarakat sekitar dalam bentuk pemberdayaan masyarakat," ujar Irto.

2. Puluhan mitra binaan digali potensinya

Ini Peran PT Pertamina Patra Niaga Menurut KGPAA Mangkunegara XExecutive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti. (Dok. IStimewa)

Irto menyebut mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga telah memiliki mitra binaan hampir 60.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya Adhimas Asih Batik yang berlokasi di Jarum, Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Perwakilan dari awak media sebelumnya dalam rangkaian kegiatan ini juga sempat diajak untuk menengok dan menjajal membatik di atas payung. "Salah satunya Adhimas Batik, tidak hanya membatik baju, kain, tapi juga payung. Kreativitas ini coba kita gali dari mitra binaan," ujar Irto.

Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti menyebut program TJSL dari PT Pertamina Patra Niaga adalah upaya untuk meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

Baca Juga: Anak Usaha Pertamina Buka Lowongan Kerja, Penempatan di Jakarta

3. Merasakan dampak dari dukungan Pertamina

Ini Peran PT Pertamina Patra Niaga Menurut KGPAA Mangkunegara XPemilik Adhimas Batik, Suyanto. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pemilik Adhimas Asih Batik, Suyanto mengaku merasakan dampak sebagai mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga. Suyanto yang telah merintis usaha batiknya sejak 1994 itu, menyebut bisa menjangkau pasar lebih luas, dan mendapat berbagai manfaat lainnya.

"Dulu mau pameran awang-awangen (malas karena takut tidak mampu), ragate akeh (biaya banyak). Setelah didampingi Pertamina, diberikan peluang pasar pameran, dilatih manajemen, jualan online, pelatihan website. Semakin majulah semakin semangat kerja, orderan semakin baik, sebelumnya flat saja," ungkap Suyanto.

Baca Juga: 5 Tempat Beli Roti Sourdough di Jogja, Variannya Beragam Bikin Kalap

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya