Ini Berbagai Aktivitas di Candi Prambanan Selama Libur Lebaran

Dari makanan hingga sendratari

Sleman, IDN Times - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) atau Injourney Destination Management (IDM), menghadirkan Kelana Cerita Tanah Jawa di momen libur Lebaran 2024. Pengunjung bisa merasakan pengalaman rasa, aksara dan budaya Jawa yang dibungkus secara inklusif dan mendorong interaksi yang mendalam untuk menghadirkan pengalaman yang berkesan.

"Melalui kampanye #LebarandiCandi dengan tema Kelana Cerita Tanah Jawa, IDM menghadirkan keramahan serta pengalaman otentik nan menarik untuk menciptakan kenangan layaknya hangatnya rasa kekeluargaan," ujar VP Commercial and Experience Injourney Destination Management, Dimas Ganjar Ramadhan, Kamis (4/4/2024).

1. Pasar Medang hadirkan pengalaman berkesan

Ini Berbagai Aktivitas di Candi Prambanan Selama Libur LebaranVP Commercial and Experience Injourney Destination Management, Dimas Ganjar Ramadhan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dimas melanjutkan tema Kelana Cerita Tanah Jawa menyusun serpih kisah adiluhung dari zaman nenek moyang dan dikemas secara fun untuk menghadirkan representasi berwisata yang menginspirasi dan menyenangkan. Kelana Cerita Tanah Jawa menghadirkan Pasar Medang yang menampilkan ragam aktivitas yang mendorong interaksi untuk menanamkan pengalaman yang berkesan mulai tanggal 11–15 April 2024. "Kegiatan ini antara lain Cipta Aksara, Sasana Kriya, dan Bhuvana Java," ujar Dimas.

Cipta Aksara menampilkan tiga aktivitas utama, yaitu, Dluwang Media Aksara, Lelakon Weton, dan Linocut Aksara. Dluwang Media Aksara merupakan aktivitas membuat suvenir pribadi menggunakan kertas dluwang. Lelakon Weton merupakan aktivitas membaca weton metode Jawa berdasarkan weton kelahiran untuk mengetahui karakter, keberuntungan dan kemudian menulis hasil pembacaan weton dengan menggunakan aksara Jawa di media dluwang.

Linocut Aksara merupakan aktivitas mencetak media gambar berupa sablon cukil (linocut) pada media dluwang. Pengunjung bisa menyusun kata-kata menggunakan aksara Jawa gubahan, ornamen dan clipart karya dari Trag Studio Yogyakarta ini.

Cipta Aksara juga menghadirkan aktivitas Edu Kriya yang mengajak pengunjung untuk menukarkan sampah botol minuman plastik kemasan untuk diolah menjadi karya seni yang bisa menjadi suvenir khas yang memukau. Aksi waste management yang berkolaborasi dengan artisan lokal ini sarat dengan experiential value, mendorong aksi keberlanjutan dengan peduli untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan selama berwisata.

2. Foto-foto dengan pengalaman yang berbeda

Ini Berbagai Aktivitas di Candi Prambanan Selama Libur LebaranCandi Prambanan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pengunjung bisa mengabadikan keseruan berlibur di kawasan destinasi di Krayon Weton, pengunjung bisa menciptakan dan mewarnai aksara Jawa menggunakan krayon sesuai kreativitas masing-masing.

Bhuvana Java menawarkan foto konsep tradisional Jawa dengan latar pemandangan candi Warisan Budaya Dunia yang istimewa. Pengunjung juga bisa memilih merchandise eksklusif yang diproduksi secara terbatas dan berkolaborasi dengan seniman berkebutuhan khusus dari Yayasan Bina Abyakta.

Program Sasana Karya menampilkan hiburan serta penampilan kesenian budaya yang atraktif dan memukau. Program yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY ini menambah kemeriahan kunjungan di destinasi IDM. Selain itu, penampilan kelompok komunitas kesenian lokal dolanan anak tradisional tetap menjadi atraksi khas kunjungan di masa libur Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Libur Lebaran Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Capai 134 Ribu

3. Sajian kesenian hingga kuliner yang memanjakan lidah

Ini Berbagai Aktivitas di Candi Prambanan Selama Libur LebaranRamayana Ballet Prambanan. (Dok. Istimewa)

Wisatawan akan menyaksikan parade penari yang melibatkan para penari Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang di destinasi Candi Prambanan. Kehadiran para penari ini menjadi figur yang bisa diajak berfoto dan berinteraksi dengan gaya dan penampilan yang khas, unik, dan menawan.

Pengunjung juga bisa memanjakan lidah di kuliner Pasar Medang yang menghadirkan Daharan Lawasan antara lain kipo, gulali, kicak, jenang gempol, es gosrok, es limun maupun daharan anyaran yang menggugah selera. Pasar Medang memunculkan pengalaman rasa yang menggugah selera yang bekerja sama dengan Komunitas Lawasan Mataram dan juga komunitas UMKM lokal yang berkualitas.

Di masa Libur Lebaran, Unit Teater dan Pentas menyajikan pertunjukan Sendratari Ramayana Open Air pada tanggal 11, 13, 14, 16, 18 dan 20 April 2024 mulai pukul 19.30 WIB. Sementara, untuk pertunjukan dramatari Roro Jonggrang, pentas di tanggal 12, 15, 17, 19 April 2024 mulai pukul 19.30 WIB. Untuk pertunjukan paling anyar, Shinta Obong, tampil di tanggal 12, 13, 19 dan 20 April 2024 mulai pukul 17.30 WIB.

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Hemat Perjalanan Mudik 25 Menit

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya