Ini Aturan Baru Bagi Penumpang Commuterline Selama Ramadan

Saat Ramadan operasional commuter line tetap normal

Yogyakarta, IDN Times - KAI Commuter memberlakukan aturan khusus kepada pengguna selama bulan Ramadan. Saat memasuki waktu untuk berbuka puasa di dalam perjalanan menggunakan commuter line, para pengguna diperbolehkan untuk membatalkan puasa dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa di dalam kereta. 

Petugas akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa di dalam perjalanan maupun di area stasiun. "Untuk berbuka puasa di dalam commuter line, pengguna diimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan. Hindari makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan bersama," ujar Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Rabu (13/3/2024).

1. Diimbau tetap menjaga kebersihan

Ini Aturan Baru Bagi Penumpang Commuterline Selama RamadanCommuterline Yogya-Solo. (Dok. Istimewa)

KAI Commuter juga menyediakan fasilitas water station atau dispenser air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Namun saat ini fasilitas tersebut hanya tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bekasi. 

"KAI juga mengimbau saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam kereta maupun di area stasiun," ucap Anne. 

2. Saat Ramadan operasional commuter line tetap normal

Ini Aturan Baru Bagi Penumpang Commuterline Selama RamadanCommuterline Yogya-Solo. (Dok. Istimewa)

Selama bulan Ramadan, Anne Purba mengatakan operasional pelayanan perjalanan commuter line jurusan Yoyakarta - Solo tetap berjalan normal. "Commuter line Yogyakarta - Palur sebanyak 24 perjalanan tiap hari, dan commuter line Prameks sebanyak 8 perjalanan tiap harinya," ujar Anne.

Baca Juga: Sejarah Stasiun Lempuyangan, Stasiun Kereta Tertua di Jogja

3. C-Access untuk info jadwal perjalanan

Ini Aturan Baru Bagi Penumpang Commuterline Selama RamadanIlustrasi penumpang KRL. (IDN Times/Herka Yanis)

Bagi pengguna diimbau memperhatikan jam sibuk dalam menggunakan commuter line. Jadwal perjalanan bisa dilihat  menggunakan aplikasi. "Hindari pemberangkatan di jam-jam sibuk pagi dan sore hari, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi commuter line yang akan dinaiki secara real time," ujar Anne.

Baca Juga: 8 Kafe Dekat Lempuyangan yang Cocok buat Kerja, Tenang dan Homey

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya