IKN Bakal Jadi Smart City, Model Pertumbuhan Kota di Indonesia 

IKN akan menjadi ikon kedaulatan teknologi di Indonesia

Sleman, IDN Times - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) RI, Nezar Patria menyebut Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi model kota masa depan dengan teknologi digital yang mumpuni. Berbagai infrastruktur akan dibangun untuk menunjang smart city IKN dan menuju kedaulatan digital.

"IKN momentum buat kita, pertama karena perpindahan ibu kota kita ingin menciptakan satu model kota masa depan," ujar Nezar, Artificial Intelligence Public Discussion: Moving Ethical AI from Voluntary Commitments to Binding Regulations, di Balai Senat UGM, Jumat (8/3/2024).

1. IKN menjadi model pertumbuhan kota lain

IKN Bakal Jadi Smart City, Model Pertumbuhan Kota di Indonesia Presiden Jokowi tinjau proyek pembangunan kantor presiden di IKN, Jumat (1/3/2024) (dok. Sekretariat Presiden)

IKN akan menjadi semacam rujukan atau model pertumbuhan kota-kota di Indonesia. "(Kota lain) Nanti akan mengikuti seperti yang dilakukan di IKN, smart city, green city, dan lain sebagainya," ujar Nezar.

Dijelaskan Nezar IKN disebut smart city, karena mengadopsi teknologi untuk pelayanan publik. 

2. Indonesia dengan IKN akan menjadi pemain penting di dunia

IKN Bakal Jadi Smart City, Model Pertumbuhan Kota di Indonesia Presiden Jokowi tinjau proyek pembangunan kantor presiden di IKN, Jumat (1/3/2024) (dok. Sekretariat Presiden)

Nezar mengungkapkan IKN dengan smart city akan menjadi branch mark. Hadirnya IKN akan menjadi ikon kedaulatan teknologi di Indonesia, dan menjadikan Indonesia pemain penting di dunia.

"Menjadi ikon untuk kemandirian teknologi naisonal, kedaulatan teknologi, dan juga kita memiliki satu kedaulatan digital, yang dimasa depan akan membuat Indonesia pemain penting di global," ucap Nezar.

Baca Juga: Siapkan Rp4,5 Triliun, BI DIY Akan Buka Penukaran Uang untuk Lebaran

3. Tiga aspek pembangunan smart city

IKN Bakal Jadi Smart City, Model Pertumbuhan Kota di Indonesia Foto udara suasana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (15/2/2024). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym

Saat disinggung infrastruktur yang ada untuk menunjang smart city di IKN, Nezar mengatakan saat ini masih dalam progres pembangunan, termasuk pusat data nasional. Segala konektivitas lainnya untuk mendukung smart city tengah dibangun ekosistemnya.

"Transformasi digital itu satu, masyarakat digitalnya, kedua ekonomi digitalnya, ketiga pemerintah digitalnya. Ada tiga aspek itu, secara strategis akan dibangun," ungkap Nezar. 

Baca Juga: Daftar 15 Caleg DPRD DIY dengan Suara Tertinggi Tiap Dapil

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya