Hujan Lebat, BPBD DIY Catat Puluhan Rumah Terdampak Hingga Korban Luka

Banjir genangan dan longsor terjadi

Yogyakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY) mencatat banjir genangan, longsor, hingga puluhan rumah terdampak, akibat hujan lebat dan angin kencang di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (31/1/2024). Selain itu ada korban luka akibat longsor yang terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad, mengatakan di wilayah DIY terjadi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang pada Rabu (31/1/2024). Angin kencang dan hujan lebat tersebut merata hampir di seluruh wilayah DIY.

1. Puluhan rumah terdampak hingga korban luka

Hujan Lebat, BPBD DIY Catat Puluhan Rumah Terdampak Hingga Korban LukaDampak hujan lebat di DIY, Rabu (31/1/2024). (Dok. Istimewa)

Noviar menyebut kejadian cuaca ekstrem menyebabkan 11 pohon tumbang, 4 akses jalan sempat terganggu. Selain itu juga 33 rumah terdampak, dan 1 jaringan internet terputus.

"Kejadian banjir di 7 titik banjir genangan. Kejadian longsor, 16 titik lokasi longsor. 2 KK mengungsi dan 1 luka-luka, karena longsor di Gunungkidul," ungkap Noviar, Kamis (1/2/2024).

2. Imbauan kepada masyarakat

Hujan Lebat, BPBD DIY Catat Puluhan Rumah Terdampak Hingga Korban Lukaillustrasi berkendara saat hujan (pexels.com/cottonbro studio)

Noviar mengimbau kepada masyarakat agar bisa memperhatikan potensi pohon tumbang. Selain itu menghindari kawasan sungai saat hujan lebat maupun tebing yang berpotensi longsor.

"Himbauan untuk pohon dan ranting yang berpotensi roboh agar dipangkas. Menghindari berada di pinggir sungai dan tebing yang rawan longsor," imbau Noviar.

Baca Juga: Hasil Penelitian CfDS: Misinformasi Krisis Iklim Tinggi

3. Prakiraan cuaca di DIY

Hujan Lebat, BPBD DIY Catat Puluhan Rumah Terdampak Hingga Korban Lukailustrasi hujan (pexels.com/Annisa Rosalina)

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono atau yang akrab disapa Jojo mengungkapkan untuk prakiraan cuaca pada Kamis (1/2/2024) potensi hujan sedang hingga lebat di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara. Pada Jumat (2/2/2024), potensi hujan sedang hingga lebat Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara. Sabtu (3/2/2024), potensi hujan sedang hingga lebat Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul bagian selatan, dan Kulon Progo bagian utara.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ungkap Jojo.

Baca Juga: UGM Minta Presiden Jokowi Tidak Partisan pada Paslon 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya