GoTransit Beri Kemudahan Pengguna Commuter Line Jogja - Solo

Bisa menghemat waktu perjalanan

Yogyakarta, IDN Times - PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk (GOTO) meluncurkan GoTransit untuk memberikan kemudahan bagi pengguna Commuter Line Jogja-Solo.

Layanan GoTransit ini sebenarnya sudah dikenalkan kepada masyarakat 1 tahun lebih. Dengan Go Transit pengguna jasa Commuter Line Yogyakarta - Solo terhubung dengan layanan antar jemput dari Gojek. Pengguna tinggal memilih pada menu GoTransit di Aplikasi Gojek bisa mendapat layanan Gojek dan dan Commuter Line Jogja- Solo.

"GoTransit pengguna KRL Yogyakarta - Solo bisa membeli tiket melalui aplikasi Gojek, terbukti setahun lebih, 30 persen dari pembelian tiket Commuter Line melalui aplikasi Gojek," ujar Presiden Gojek, Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo, saat Peresmian Ekspansi Fitur GoTransit untuk Dukung Perjalanan Solo-Jogja, di Ndalem Prangwedanan, Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (27/4/2024).

1. Kolaborasi untuk kemudahan akses transportasi publik

GoTransit Beri Kemudahan Pengguna Commuter Line Jogja - SoloPresiden Gojek, Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Catherine layanan GoTransit ini sebagai wujud gotong royong yang lekat dengan masyarakat Indonesia. "Gak bisa melakukan sesuatu tanpa menjadi bagian ekosistem. Bahu-membahu, menguatkan melengkapi," ucap Catherine.

Catherine menyebut fitur GoTransit terintegrasi, solusi pertama di dunia yang menghubungkan perjalanan ride-hailing dan transportasi publik. Inovasi ini merupakan komitmen Gojek dalam mendukung program pemerintah menyediakan layanan transportasi umum yang mudah diakses dan nyaman.

Ia juga membeberkan data internal Gojek selama 2023 menunjukkan, terdapat variasi tren perjalanan pengguna Commuter Line Jogja-Solo yang memanfaatkan layanan Gojek setiap harinya. Saat hari kerja, layanan Gojek menghubungkan pengguna Commuter Line Jogja-Solo dengan area perkantoran hingga sekolah dan kampus. Sedangkan di akhir pekan, tempat-tempat yang berkaitan dengan pariwisata seperti area perhotelan hingga sentra belanja seperti Pasar Gede dan Pasar Klewer lebih mendominasi.

"Kami berharap kehadiran GoTransit dapat turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Solo dan Jogja berkat adanya kemudahan mobilitas," ungkap Catherine.

2. Beri dampak luas termasuk untuk wisata dan budaya

GoTransit Beri Kemudahan Pengguna Commuter Line Jogja - SoloPengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sebelumnya, berdasarkan penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (Pustral UGM) pada 2023 mengungkapkan pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15 persen serta menghemat biaya hingga 27 persen dibanding pola perjalanan sebelumnya. Sebagai andalan masyarakat, GoTransit pun turut sukses menjadi kanal digital paling banyak yang menjual tiket Commuter Line, membuat penggunaan tiket digital meningkat hingga 300 persen.

Pengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X menyebut kolaborasi yang dihadirkan dengan GoTransit ini memberi dampak yang luas. Menurutnya dukungan terhadap transportasi publik ini menjadi hal yang positif.

Dengan kemudahan akses yang dihadirkan Gojek, memudahkan juga untuk mengenalkan destinasi wisata maupun budaya. "Memudahkan juga promosi, meningkatkan awarness. Harapan saya juga membentuk kultur menggunakan transportasi umum," ujarnya.

Baca Juga: Lebaran, Pengguna Commuter Line Yogyakarta Tembus 576.619 Penumpang

3. Potensi ekonomi bisa terangkat

GoTransit Beri Kemudahan Pengguna Commuter Line Jogja - SoloLaunching GoTransit di Ndalem Prangwedanan, Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (27/4/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Taufiq Muhammad, menambahkan potensi ekonomi dua wilayah Solo-Jogja, khususnya di bidang pariwisata sangat tinggi. Pihaknya mendukung dan mengapresiasi terciptanya transportasi publik yang terintegrasi lewat GoTransit, sehingga dapat turut mendorong sektor ekonomi kreatif daerah lewat kemudahan akses yang dihasilkan.

"Akses yang mudah merupakan modal awal yang penting untuk menciptakan perputaran ekonomi, dan kami apresiasi Gojek terkait itu," kata Taufiq.

Selain kemudahan fitur, GoTransit juga menawarkan biaya perjalanan yang hemat untuk masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh. Semakin hemat, pengguna dapat memanfaatkan kode promo GOSTASIUN untuk mendapatkan diskon perjalanan  hingga 90 persen. Selain itu waktu tempuh perjalanan juga lebih cepat karena terhubung dengan Commuter Line dan layanan GoRide. Lewat GoTransit, pengguna dapat merasakan perjalanan yang terintegrasi dengan lebih hemat, lebih cepat dan lebih mudah.

Baca Juga: 52 Quotes dari Joko Pinurbo, Indah dan Menyayat Hati!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya