Gisel Antusias Ikut Ajang Lari di Sumbu Filosofi Yogyakarta

Malioboro Run dukung sport tourism

Sleman, IDN Times - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki berbagai potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi, guna meningkatkan daya tarik di destinasi wisata, berbagai event digelar, termasuk event sport tourism. Event sport tourism menarik animo masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk artis.

Salah satu event sport tourism yang digelar yaitu Bank BPD DIY Malioboro Run 2023, Running With Memories of Jogja, yang akan digelar di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Minggu (29/10/2023). Penyelenggaraan di jantung Kota Yogyakarta ini juga sebagai dukungan untuk mengenalkan Sumbu Filosofi Yogyakarta yang telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Salah satu peserta yang juga merupakan artis nasional, Gisella Anastasia mengaku sangat antusias datang ke Jogja untuk mengikuti Malioboro Run. Meski belum lama mengikuti olahraga lari, namun di Jogja menurutnya banyak hal menarik yang bisa ditemui. "Aku ingin have fun lari. Sudah sebulan lalu gak sabar ingin lari di Malioboro," ujar Gisel, di Jogja City Mall, Sabtu (28/10/2023).

1. Mengenalkan wisata, budaya melalui event olahraga

Gisel Antusias Ikut Ajang Lari di Sumbu Filosofi YogyakartaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Malioboro Run kali ini menghadirkan berbagai kategori mulai dari Kid Dash, kemudian kategori 5K dan 10K. Selain itu, yang membedakan gelaran tahun ini dengan gelaran sebelumnya, Malioboro Run 2023 menghadirkan kategori Half Marathon (21 km).

"Malioboro Run turut mengenalkan destinasi wisata, budaya melalui sport tourism. Sambil olahraga menikmati wisata. Malioboro Run meningkatkan sport tourism, selamat dan sukses," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam sambutan virtualnya.

2. Angkat ekonomi melalui sport tourism

Gisel Antusias Ikut Ajang Lari di Sumbu Filosofi YogyakartaPengambilan race pack di Jogja City Mall, Sabtu (28/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengharapkan melalui event ini ekonomi masyarakat DIY yang banyak ditopang dari sektor pariwisata turut terangkat. Event ini juga sebagai upaya untuk memperkenalkan Sumbu Filosofi Yogyakarta.

"Kami mengemas sport tourism. Di mana 60 persen dari peserta (3.500 total peserta) peserta dari luar DIY. Harapan kami juga Sumbu Filosofi yang sudah menjadi warisan budaya dunia bisa diperkenalkan secara luas kepada masyarakat," ujar Santoso.

Baca Juga: Ratusan Pelari Ikuti Beach Run dan Pelepasan Tukik di Pantai Glagah

3. Berbagai destinasi wisata akan dilewati pelari

Gisel Antusias Ikut Ajang Lari di Sumbu Filosofi YogyakartaPenarikan undian tabungan Sutera & Sutera Emas ke-31 BPD DIY. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Peserta Malioboro Run 2023 nantinya akan menikmati penampilan kebudayaan Yogyakarta dan yel-yel penyemangat dari anak-anak (cheering) di beberapa titik pada rute yang dilewati. Selain itu, para perserta juga akan  melewati beberapa landmark ikonik Kota Yogyakarta seperti Plengkung Wijilan, Plengkung Gading, Pojok Beteng Wetan, Pojok Beteng Wetan Lor, Situs Warung Boto, dan Tugu Yogyakarta.

Pada kesempatan pengambilan race pack di Jogja City Mall, dilakukan juga penarikan undian tabungan Sutera & Sutera Emas ke-31 BPD DIY. Dalam pengundian sendiri ada hadiah menarik mulai dari 12 laptop Macbook, 6 motor Yamaha Grand Filanno, 6 unit mobil Honda WRV dan grand prize satu unit mobil Toyota Voxy.

Baca Juga: 14 Destinasi Wisata Sumbu Filosofi Yogyakarta, Seru Sambil Gowes

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya