Gelaran JogjaVaganza 2024 Tawarkan Paket Wisata Sumbu Filosofi

Pemkot Yogyakarta targetkan kedatangan 3,5 juta wisatawan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama para pelaku wisata di Yogyakarta menghadirkan kembali promosi pariwisata JogjaVaganza yang digelar mulai 26-28 Februari 2024.

Kegiatan ini mempertemukan pelaku wisata di Kota Yogyakarta dan beberapa daerah untuk melakukan forum Business to Business(B2B). 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo berharap paket wisata baru di Kota Yogyakarta dapat dikenalkan kepada buyer dari pelaku wisata berbagai daerah. Terutama kawasan cagar budaya seperti Kotabaru dan sumbu filosofi dari Tugu, Malioboro dan Keraton Jogja.

“Supaya tidak monoton, paket wisata yang baru bisa dimunculkan oleh teman-teman seller. Misalnya paket Kotabaru, Sumbu Filosofi yang belum lama ini diakui Unesco. Itu juga perlu ditawarkan kepada para buyer,” kata Singgih saat kegiatan Welcome Dinner JogjaVaganza 2024 di Hotel Jambuluwuk, Senin (26/2/2024) malam.

1. Jogja sebagai destinasi wisata terfavorit oleh wisatawan domestik

Gelaran JogjaVaganza 2024 Tawarkan Paket Wisata Sumbu FilosofiJogjaVaganza 2024. (Dok. Istimewa)

Singgih menegaskan berdasarkan rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Yogyakarta ditetapkan menjadi destinasi wisata terfavorit oleh wisatawan domestik, terutama Malioboro. Pemkot Yogyakarta akan mengembangkan potensi wisata seperti narasi cerita menarik di setiap sudut kota. 

“Yogyakarta dengan logo YK akan kita lakukan branding yang kuat. Arahnya nanti akan jadi City of Festival karena di Yogyakarta sepanjang tahun ada festival yang jumlahnya cukup banyak dari tingkat internasional dan nasional,” paparnya.

Menurutnya Yogyakarta sebagai City of Festival, akan menjadi daya tarik wisata yang bagus. Aktivitas pra dan pascafestival akan digarap, contohnya paket wisata yang menggabungkan beberapa aktivitas festival seperti Wayang Jogja Night Carnival.

"Upaya itu dilakukan untuk menambah lama tinggal dan belanja wisatawan di Kota Yogyakarta. Kita masuk ke ranah itu karena kita akan masuk ke quality tourism. Jadi number of tourist akan coba tidak menjadi ukuran utama. Tapi spending money dan length of stay yang kita naikkan," ucapnya.

2. Tingkatkan lama tinggal dan jumlah belanja wisatawan

Gelaran JogjaVaganza 2024 Tawarkan Paket Wisata Sumbu FilosofiJogjaVaganza 2024. (Dok. Istimewa)

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyampaikan, JogjaVaganza menjadi salah satu kegiatan promosi pariwisata Kota Yogyakarta dengan melibatkan pelaku usaha pariwisata terdiri jasa hotel, restoran, destinasi wisata, kampung wisata dan pusat oleh-oleh.

Pada tahun 2024 JogjaVaganza mengundang 55 potensial buyer dari agen perjalanan wisata di berbagai daerah seperti Jawa, Lampung, Sumatera, Kalimantan dan Bali. "Melalui kegiatan ini, pariwisata diharapkan dapat menggeliat dan semakin memajukan perekonomian sektor pariwisata. Selain itu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, length of stay dan belanja wisatawan di Kota Yogyakarta," tambah Wahyu.

Baca Juga: 5 Tempat Jajan Lupis di Jogja, Manisnya Lumer di Mulut

3. Targetkan 3,5 juta wisatawan datang ke Kota Yogyakarta

Gelaran JogjaVaganza 2024 Tawarkan Paket Wisata Sumbu FilosofiIlustrasi kawasan Kotabaru, Jogja zaman dulu (kebudayaan.jogjakota.go.id)

Wahyu menyatakan rangkaian acara JogjaVaganza 2024 akan digelar travel dialog, dan table top serta city tur kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta, Kotabaru, Pakualaman dan Kotagede. Termasuk Embung Budaya Giwangan.

Wahyu mengungkapkan jumlah wisatawan ke Kota Yogyakarta pada tahun 2024, ditargetkan mencapai 3,5 juta orang dengan lama tinggal 1,8 hari dan belanja wisatawan Rp1,75 juta.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Kuliner di Sekitar Sumbu Filosofi Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya