Gardu Pandang Kaliurang Bersolek, Akan Ada Plaza Pengunjung

Akan ada empat zona baru

Intinya Sih...

  • Kawasan Gardu Pandang Kaliurang akan dibangun Plaza Pengunjung selama 4 bulan ke depan.
  • Plaza Pengunjung ini terdiri dari 4 zona yang diharapkan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan.
  • Penutupan sebagian kawasan dilakukan, namun Kawasan Gardu Pandang Kaliurang tetap bisa dikunjungi selama masa pengerjaan.

Sleman, IDN Times - Kawasan Gardu Pandang Kaliurang selama ini menjadi salah satu destinasi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman, khususnya di kawasan Kaliurang. Kawasan Gardu Pandang Kaliurang akan bersolek beberapa bulan ke depan, dengan dibangunnya Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang.

Proses pembangunan Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang diperkirakan akan memakan waktu selama empat bulan ke depan. "Plaza Pengunjung ini berupa ruang publik terbuka yang terbagi atas empat zona yang nantinya akan menjadi daya tarik tambahan di Kawasan Gardu Pandang Kaliurang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, Kamis (13/6/2024).

1. Anggaran 2,5 miliar disiapkan untuk pembangunan

Gardu Pandang Kaliurang Bersolek, Akan Ada Plaza PengunjungUnsplash

Ishadi menjelaskan pembangunan Plaza Pengunjung berasal dari program Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,5 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun ini membutuhkan waktu selama 120 hari. Selama pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Gardu Pandang Kaliurang tentu sedikit banyak terganggu dan merasa kurang nyaman. 

Meskipun demikian pihak Dinpar Sleman tidak akan menutup kawasan tersebut secara total selama masa pengerjaan, akan tetapi hanya menutup secara terbatas. "Sehingga dalam kondisi demikian wisatawan masih bisa masuk ke kawasan serta menikmati pemandangan dan berbagai fasilitas publik yang ada," ungkap Ishadi.

2. Dilakukan penutupan sebagian kawasan

Gardu Pandang Kaliurang Bersolek, Akan Ada Plaza PengunjungKawasan Gardu Pandang Kaliurang. (Dok. Istimewa)

Penutupan sebagian kawasan tersebut dilakukan mengingat kawasan Gardu Pandang dinilai cukup luas dan masih memungkinkan untuk dikunjungi. Khususnya di kawasan sisi selatan yang juga berupa taman-taman dengan pemandangan yang cukup bagus.

"Hanya saja sebagian kawasan di sisi utara yang selama ini untuk penyelenggaraan event dan pentas-pentas seni untuk sementara waktu ditutup. Oleh karenanya atas ketidaknyamanan yang timbul akibat proses pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut termasuk adanya lalu lalang kendaraan proyek, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat umum khususnya pengunjung Gardu Pandang Kaliurang dan pihak-pihak terkait," ujar Ishadi.

Baca Juga: Kini Bisa Beli Tiket Keraton Jogja Lewat Traveloka, Ini Caranya!

3. Diharap semakin memanjakan wisatawan yang berkunjung

Gardu Pandang Kaliurang Bersolek, Akan Ada Plaza PengunjungSosialisasi pembangunan kawasan Gardu Pandang Kaliurang. (Dok. Istimewa)

Ishadi berharap seusai pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut sekitar bulan Oktober 2024 mendatang kawasan Gardu Pandang Kaliurang sudah dapat dibuka kembali secara penuh untuk dikunjungi wisatawan. Diharapkan juga dengan adanya penambahan fasilitas Plaza Pengunjung tersebut akan membuatnya lebih ramai dan lebih banyak lagi pengunjung atau wisatawan yang berdatangan, dikarenakan akan lebih banyak lagi alternatif sarana publik yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Ishadi menambahkan bahwa pihaknya juga telah mengadakan sosialisasi terkait dengan proyek pembangunan Plaza Pengunjung Gardu Pandang tersebut pada Kamis 13 Juni 2024 di Gardu Pandang Kaliurang yang melibatkan Tim Perencana, Pelaksana dan Pengawas, Pemerintah Kalurahan Hargobinangun, SAR Kaliurang, Pospol Kaliurang. Selain itu juga, Dukuh Kaliurang Timur, Dukuh Kaliurang Barat, Dukuh Ngipiksari, tokoh-tokoh masyarakat dan perwakilan pedagang di kawasan Gardu Pandang Kaliurang.

Baca Juga: Peh Cun, Wisatawan Antusias Mendirikan Telur di Pantai Parangtritis

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya