[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shom

Belajar Al Qur'an dengan bahasa isyarat

Sleman, IDN Times - Pondok Pesantren Darul A'shom di Padukuhan Kayen, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Sleman, menjadi tempat para difabel tuli untuk memperdalam agama Islam. Di tempat ini mereka belajar Al-Qur'an dengan menggunakan bahasa isyarat.

Di bawah asuhan Ustaz Abu Kahfi, Pondok Pesantren Darul A'shom ingin membantu mereka yang memiliki kekurangan untuk tetap bisa belajar agama. Dirintis sejak tahun 2019, saat ini Darul A'shom saat ini sudah memiliki santri sebanyak 129 dari laki-laki hingga perempuan.

1. Ustaz Abu Kahfi berkeinginan mengajar orang Tuli sejak ia masih di Bandung

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomSantri berjalan untuk menjalankan shalat asar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

2. 10 tahun mendidik di Bandung, perjalanan membawanya ke Jogja

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomPara santri bersiap menjalankan salat asar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

3. Di Jogja Ustaz Abu Kahfi memulai mendirikan pesantren dari sebuah ruko

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomPara santri dan pengajar menjalankan shalat asar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

4. Berjalannya waktu, semakin banyak santrinya, Ustaz Abu Kahfi mencari tempat yang representatif

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomPara santri bersiap untuk belajar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

5. Ustaz Abu Kahfi memiliki keinginan mengajar orang Tuli sejak mereka masih belia

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomPara santri saat belajar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Baca Juga: Profil Shinta Ratri, Transpuan Pendiri Ponpes Waria di Jogja

6. Bukan hal mudah, Ustaz Abu Kahfi pada awalnya saat masih di Bandung harus belajar bahasa isyarat

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomPendiri Ponpes Darul A'shom, Ustaz Abu Kahfi saat berkomunikasi dengan santri di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

7. Secara telaten dan sabar, Ustaz Abu Kahfi dibantu pengajar lainnya mengajarkan Al Qur'an untuk difabel tuli

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomSalah seorang santri belajar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

8. Pembelajaran di Darul A'shom sama dengan pesantren lainnya, di sini juga diajarkan pendidikan formal

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomSantri saat belajar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

9. Anak-anak merasa senang belajar di Darul A'shom

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomSantri saat belajar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

10. Harapan-harapan besar pun muncul, mereka ingin mengajarkan Al Qur'an ke berbagai negara

[FOTO] Suatu Sore di Pondok Pesantren Tuli Darul A'shomPara santri merapikan tempat dan beristirahat seusai belajar di Pondok Pesantren Darul A'shom di Dusun Kayen, Desa Condogcatur, Kecamatan Depok, Sabtu (8/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Selepas menjalani pendidikan di Darul A'shom dari Pendiri Ponpes Darul A'shom, Ustaz Abu Kahfi menaruh harapan pada anak didiknya. Agar mereka bisa juga mengajarkan kemampuan mereka ke orang lain, dan memberi manfaat pada umat. 

Baca Juga: Lantunan Al-Qur'an dalam Senyap di Ponpes Tuli Darul A'shom

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya