Event Komunitas Pacu Pariwisata dan Ekonomi di Sleman

FEvCI gelar Jamnas VI di Sleman

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kabupaten Sleman mendukung Jambore Nasional VI FEvCI di Sleman, untuk mendorong pariwisata dan ekonomi masyarakat.
  • Ratusan peserta akan mengunjungi destinasi wisata seperti Candi Prambanan dan Desa Wisata Pentingsari, meningkatkan okupansi hotel dan PAD Sleman.
  • Kepala Dinas Pariwisata Sleman menyebut kegiatan komunitas di Sleman dapat turut mendukung promosi wisata dan UMKM di daerah tersebut.

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mendukung gelaran Jambore Nasional VI Ford Everest Club Indonesia (FEvCI) di Kabupaten Sleman, Sabtu (29/6/2024)–Senin (1/7/2024). Hadirnya berbagai komunitas ke Kabupaten Sleman, dinilai menjadi salah satu dorongan bagi pariwisata dan ekonomi masyarakat.

"Adanya kegiatan dari FEvCI menambah wisata di Sleman bergerak dengan cepat. Sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, saat gala dinner Jambore Nasional VI FEvCI, di The Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (30/6/2024) malam.

1. Berbagai event dongkrak pariwisata

Event Komunitas Pacu Pariwisata dan Ekonomi di SlemanBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Diketahui selain berbagai agenda coaching clinic, ratusan peserta Jambore Nasional akan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Seperti Candi Prambanan, Desa Wisata Pentingsari di Cangkringan, hingga Desa Wisata Gamplong, Moyudan.

Kustini menyebut dengan berbagai kegiatan yang ada, dapat meningkatkan okupansi hotel di Sleman, menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sleman. "Kemudian ekonomi masyarakat bagus, sejahtera masyarakat," kata Kustini.

Kustini juga berharap masyarakat di Sleman dapat menyambut dengan baik para wisatawan yang datang. Hingga akhirnya wisatawan pun ingin kembali lagi ke Sleman, dan bisa menyampaikan kabar baik tentang wisata di Sleman, dan warganya yang ramah.

2. Dukung desa wisata hingga UMKM

Event Komunitas Pacu Pariwisata dan Ekonomi di SlemanGala dinner Jambore Nasional VI FEvCI, di The Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (30/6/2024) malam. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Ishadi Zayid menambahkan bahwa berbagai komunitas yang melakukan kegiatan di Sleman bisa turut mendukung promosi wisata. "Mereka ikut promosi saat mengunjungi desa wisata, UMKM, memberitakan ke teman-teman, saudara, bahwa Sleman layak dikunjung," ujar Ishadi.

Ishadi juga secara khusus mengucapkan terima kasih atas digelarnya Jambore Nasional VI FEvCI. Menurutnya ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. "Daya tarik Sleman luar biasa bagi mereka," kata dia.

Baca Juga: Warga Temukan Arca Ganesha Saat Gali Lubang Fondasi Rumah

3. Sleman jadi tempat yang menarik

Event Komunitas Pacu Pariwisata dan Ekonomi di SlemanKetua Umum FEvCI, Uut Kwartono (tengah). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ketua Umum FEvCI, Uut Kwartono menjelaskan alasan Jambore Nasional VI FEvCI digelar di Sleman salah satunya karena daya tarik kearifan lokal dan budaya yang ada. Hal itu juga yang membuat para anggota untuk mengikuti Jambore Nasional VI FEvCI di Sleman.

"Target awal 200 peserta, jadi 350 peserta. Dihitung jiwa 1.200 (bersama anggota keluarga). Peserta datang dari 19 provinsi di Indonesia. Harapannya juga kami bisa mengenalkan budaya khususnya budaya Jogja," ujar Uut.

Selain itu, hadirnya kegiatan Jambore Nasional VI FEvCI diharap berdampak pada ekonomi masyarakat. "Di Prambanan nanti ada 30 booth UMKM dari Sleman juga," jelas Uut.

Baca Juga: 3 SMK di Sleman Terimbas Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya